Sekolah MIS Al-Huda Beringin Jaya Lampung Memprihatinkan

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 2 Desember 2023 15:27 WIB
Kondisi ruangan sekolah MIS Al-Huda Beringin Jaya, Lampung (Foto: Dok MI)
Kondisi ruangan sekolah MIS Al-Huda Beringin Jaya, Lampung (Foto: Dok MI)
Lampung, MI - Sholihin, Kepala Sekolah (Kepsek) Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) AL-Huda Beringin Jaya, Kabupaten Tanggamus, Lampung, mengeluhkan ruangan belajar murid-muridnya yang sudah mulai rusak.

"Ada kekurangan bangunan tersebut meliputi ruangan belajarnya kurang 3 ruang," ujar Solihin saat dihubungi Monitorindonesia.com, Sabtu (2/12).

Padahal, MIS AL-Huda ini beridiri sejak tahun 1991, oleh para tokoh masyarakat Kedusunan Beringin yang mana pada saat itu belum ada tempat belajar untuk tingkat dasar.

"Untuk belajar tingkat dasar hanya ada 1 saja, di desa sirna galih yang jaraknya kurang lebih 5 kilometer, kita kesana jalan kaki dari kedusunan beringin jaya," ungkap Sholihin.

Sholihin menjelaskan, pada saat itu masyarakat Kedusunan Beringin Jaya bergerak mendirikan sekolah ini seadanya dengan swadaya masyarakat agar anak-anaknya nanti tidak jauh untuk bersekolah.

"Dari tahun 1991-2008 menggunakan tempat belajar seadanya dan pada tahun 2008 barulah mendapat perhatian pemerintah mendapat bantuan DAK semi permanen 3 lokal belajar dan satu kantor. Saat itu membongkar bangunan lama dan sampai sekarang," jelas Sholihin.

Untuk ruangan belajar hanya tersedia tiga. "Cuma kita sekat aja supaya menjadi enam ruangan, itu juga disekatnya dengan gordeng dan triplek. Untuk jumlah siswa tahun ini 99 siswa dengan 12 tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Terdiri dari 1 tenaga kependidikan, 1 ekskul, 10 tenaga pendidik," beber Sholihin.

Untuk jarak sekolah ini ke sekolah lainnya kurang lebih 5 kilometer. "Kalau jarak ke kecamatan 25 kilometer, jarak ke kabupaten 85 kilometer dan jarak ke Propinsi 135 kilometer".

"Harapan kami semua, kepada pemerintah agar bisa membantu demi generasi muda untuk lebih giat lagi belajar menuntut ilmu," harapnya. (AM)