Ngerinya Longsor di Humbahas, Batu Besar Timbun Pemukiman Warga Desa Simangulampe

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 3 Desember 2023 10:58 WIB
Longsor batu di Desa Simangulampe, Baktiraja, Humbahas [Foto: Doc. MI]
Longsor batu di Desa Simangulampe, Baktiraja, Humbahas [Foto: Doc. MI]
Humbahas, MI - Bencana alam tanah longsor yang terjadi di Desa Simangulampe, Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut), pada Jumat (1/12) cukup mengerikan. Pasalnya, batu-batu berukuran besar dan lumpur berserakan di jalan.

Salah seorang pengunjung, Hotris Nainggolan mengatakan, kondisi di Desa Simangulampe cukup mengerikan, puluhan rumah warga rata tertimbun material lumpur dan batuan besar yang dibawa banjir dan longsor.

"Di sini keadaannya mengerikan, batu-batu besar dan lumpur berserakan menimbun rumah-rumah warga Desa Simangulampe," kata Hotris kepada Monitor Indonesia, Minggu (3/12).

Hotris mengaku, saat menyambangi lokasi peristiwa longsor itu, ia terkejut melihat akses jalan yang biasa dilaluinya, kini lumpuh total di timbun batu. Jalanan yang sebelumnya mulus, kata dia, kini sudah porak-poranda imbas longsor tersebut. 

"Begitu mendengar kejadian longsor, saya langsung pergi ke lokasi. Kebetulan tidak jauh dari kediaman saya. Yang biasanya jalanan yang saya lalui mulus sekarang dibuat kaget oleh bencana yang tiba-tiba ini," ujarnya.

Hotris menambahkan, dirinya sempat melihat ke kawah longsor. Kawahnya, kata dia, berdiameter kecil dengan kedalaman sekitar 10-15 meter.

"Saya pun sempat melihat ke area kawah, tempat luapan bajir bandang. Memang sangat mengerikan. Ini baru kejadian sekali seumur hidup yang pernah saya lihat di Humbahas ini," tambahnya.

Tim SAR gabungan, lanjut Hotris, saat ini masih berupaya maksimal membuka akses jalan yang terutup material longsor dengan alat berat, untuk membersihkan lumpur dari badan jalan.

"Anggota polisi, TNI dan basarnas sedang berupaya membuka akses jalan dengan alat berat. Di lokasi ada alat berat ekskavator, loader, dan lainnya," jelasnya.

Hotris menambahkan, pihak Pemkab Humbahas juga telah menyediakan tempat penampungan sementara. 

"Tempat penampungan ada dua posko. Posko 1 di Kantor Camat Baktiraja dan Posko 2 di gedung serbaguna HKBP Sinambela," tandasnya.

Sebelumnya, bencana alam tanah longsor terjadi di Desa Simangulampe, Baktiraja, Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, Jumat (1/12) sekitar pukul 23.00 WIB.

Pemukiman warga Desa Simangulampe, porak-poranda diterjang banjir bandang bercampur batu berukuran besar, yang terbawa arus air yang turun dari puncak perbukitan.