Pj Walkot Bekasi Raden Gani: GPM Hadir Bantu Kebutuhan Pokok Warga

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 23 Februari 2024 11:40 WIB
Pj Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhammad sedang berbincang dengan Ibu-ibu rumah tangga ketika mengadakan Gerakan Pasar Murah di Kec. Bekasi Utara (Foto: Dok MI)
Pj Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhammad sedang berbincang dengan Ibu-ibu rumah tangga ketika mengadakan Gerakan Pasar Murah di Kec. Bekasi Utara (Foto: Dok MI)

Kota Bekasi, MI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi tetap siaga menjaga ketersediaan bahan pokok di tengah masyarakat. Dengan ketersediaan bahan pokok di pasar-pasar, dipastikan dapat menstabilkan harga terjangkau.

Untuk menjamin ketersediaan bahan pokok rumah tangga tersebut, Pemkot Bekasi gencar melakukan Gerakan Pangan Murah (GPM).

GPM yang diinisiasi Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Pemkot Bekasi ini bekerjasama dengan Perum Bulog, Badan Pangan Nasional, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Provinsi Jawa Barat.

Dinas KPPP memilih beberapa lokasi menjadi retail GPM bahan pokok rumah tangga. Salah satunya di  Halaman Kantor Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, yang berlangsung, Kamis (22/2).

GPM dibuka langsung oleh Pj Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhamad didampingi Asisten Daerah Bidang Pemerintahan, Lintong Dianto Putro, Kepala DKPPP Kota Bekasi Herbert Panjaitan, perwakilan Perum Bulog, dan unsur Forkopimcam Kec. Bekasi Utara. 

Menurut Kepala DKPPP, Herbert Panjaitan, dalam GPM tersebut tersedia 12 jenis bahan pokok dengan harga yang terjangkau, yakni: 

Beras SPHP 5Kg: Rp. 53.000,-
Beras Premium 5Kg: Rp. 69.500,-
Minyak Goreng 1 Liter: Rp. 13.000,-
Gula Pasir 1 Kg: Rp. 16.000,-
Telur Ayam 1 Kg: Rp. 28.000,-
Cabai Merah Keriting 1 Kg: Rp. 75.000,-
Cabai Rawit Merah 1 Kg: Rp. 70.000,-
Daging Ayam 1 Ekor: Rp. 29.000,-
Daging Sapi 1 Kg: Rp. 85.000,-
Bawang Merah 1 Kg: Rp. 25.000,-
Bawang Putih Honan 1 Kg: Rp. 32.500,-
Bawang Putih Kating 1 Kg: Rp. 37.000,- 

GPM juga bertujuan untuk menstabilkan harga bahan pokok yang belakangan harga beberapa komoditi mengalami kenaikan. Maka dengan langkah mempersiapkan ketersediaan bahan pokok melalui pasar murah diharapkan dapat membantu warga sekitar.

"Kondisi saat ini memang dipengaruhi cuaca ekstrim di beberapa daerah pemasok komoditi tersebut. Oleh karena itu pasokan kebutuhan sembako menjadi berkurang dan harga naik. Dalam kondisi tersebut pemerintah hadir memenuhi kewajiban memelihara kebutuhan masyarakat. Salah satunya langkah Pemkot Bekasi mengadakan Gerakan Pangan Murah," ujar Pj Wali Kota Bekasi Raden Gani dalam sambutannya, Kamis (22/2) di Kec. Bekasi Utara.

Raden Gani Muhamad tampak bersahaja dengan turun langsung mengatur antrian para warga yang terlihat antusias belanja Beras SPHP 5 Kg agar tidak terjadi penumpukan dan menjadi lebih tertib.

"Pelaksanaan GPM hari ini kami atur sedemikian rupa alurnya. Terutama alur dalam pembelian Beras, menjadi pembelajaran kami agar tidak terjadi antrian terlalu panjang dan penumpukkan".

"Kami pastikan stock Beras yang hari ini kami sediakan cukup banyak, yakni 20 ton atau setara dengan 4.000 karung beras, begitu pun dengan bahan pokok lainnya, kami pastikan tercukupi," kata Raden Gani.

Warga yang ikut berbelanja di GPM tersebut mengaku harga yang dipasarkan Pemkot Bekasi itu sangat terjangkau dan sangat membantu perekonomian rumah tangga, terutama harga Beras.

"Akhir-akhir ini harga beras naik drastis, stock-nya juga jarang. Alhamdulillah Pemerintah mengadakan Gerakan Pasar Murah ini, sehingga harga berasnya terjangkau. Apalagi sebentar lagi puasa, jadi saya sangat terbantu dengan adanya Pasar Murah ini," kata warga yang enggan disebut namanya. (MA)