Dapat Tambahan Kursi DPRD, Mujib: Pilbup 2024 Gerindra Siap Jalankan Perintah Partai

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 8 Maret 2024 23:42 WIB
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Mujib SM (Foto: MI/JK)
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Mujib SM (Foto: MI/JK)

Blitar, MI - Pasca pemilihan umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Blitar berhasil menambah satu kursi di DPRD Kabupaten Blitar. Hal tersebut disampaikan Mujib politikus partai Gerindra yang juga sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar

“Kalau sesuai yang saya ikuti itu Gerindra dapat tambahan satu kursi dari 6 menjadi 7,dan itu di Dapil 4,” kata Mujib, pada Jumat, (8/3/2024), usai mengikuti kegiatan pemberian reward kepada atlet berprestasi kontingen Kabupaten Blitar yang berlaga di Porprov Jatim.

Mujib menyampaikan, para kader partainya yang bertarung di Pemilu 2024 sudah bisa mendapatkan informasi yang valid terkait perolehan jumlah kursi untuk lima tahun ke depan.

Namun, ada hal yang menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat, terkait DPC Partai Gerindra Kabupaten Blitar dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Akan dilaksanakan serentak di seluruh penjuru nusantara pada November 2024 nanti. Untuk memilih Bupati/Walikota, dan Gubernur, dan kabupaten Blitar yang bakal mengikuti hal tersebut.

Saat disinggung mengenai hal itu, Mujib menyampaikan , meskipun mendapatkan tambahan kursi, Gerindra belum bisa mengusung sendiri calon bupati. 

”Kalau mengusung sendiri paling tidak harus cukup yaitu 10 kursi berarti kalau 7 masih harus ada tambahan 3 kursi lagi,” terangnya.

Namun, berkaitan dengan Pilbup 2024, pihaknya tidak bisa mengambil keputusan sendiri. Gerindra Kabupaten Blitar bakal menunggu petunjuk dari Pengurus DPD maupun DPP Gerindra terkait siapa calon yang bakal diusung.

“Kan ya kira-kira disampaikan. Jadi tunggulah kita dalam beberapa waktu ke depan Inshaallah nanti Gerindra juga akan mengumumkan,” ujar Mujib yang juga sebagai Ketua KTNA Kabupaten Blitar ini.

Pihaknya menegaskan, belum berani memastikan terkait calon yang diusung berasal dari internal ataupun luar partai. Oleh karena itu, pihaknya bakal berkomunikasi dengan partai lain terkait hal tersebut.

“Setiap ada momen pemilihan kepala daerah semua partai politik itu biasanya mengadakan silaturahmi saling lobi saling membangun kekuatan melihat potensi putra daerah yang terbaik kira-kira begitu,” ungkapnya.

Menurutnya, usai ada komunikasi antar partai politik biasanya akan mengerucut nama-nama yang akan dicalonkan dari koalisi partai politik. Sehingga bisa maju dalam pemilihan bupati.

Saat disinggung mengenai kesiapannya yang saat ini dinominasikan maju dalam Pilbup Blitar, Mujib mengaku belum bisa menjawab. ”Namun, sebagai kader partai siapapun yang didukung oleh partai, siap menjalankan perintah partai itu dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (JK)