Gelar Bazar Ramadan dan Launching Branding Kabupaten Blitar, Ini Harapan Mak Rini

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 19 Maret 2024 15:59 WIB
Bupati Blitar Rini Syarifah menunjukkan mobil dinas City Branding Kabupaten Blitar (Foto: MI/JK)
Bupati Blitar Rini Syarifah menunjukkan mobil dinas City Branding Kabupaten Blitar (Foto: MI/JK)

Blitar, MI - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri dan membuka bazar Ramadan 1445 H, yang dilaksanakan 19 - 27 Maret, Operasi Pasar dan 'Launching' Penguatan  City Branding Kabupaten Blitar, di Alun-alun Kanigoro, Selasa (19/3/2024).

Acara tersebut juga dihadiri, pimpinan Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Asisten, Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah, serta pimpinan BUMD Kabupaten Blitar, pimpinan Bank Jatim Cabang Blitar, Pimpinan BSI Cabang Blitar, Ketua Dekranasda Kabupaten Blitar,  pegiat wisata dan pelaku UMKM, serta tamu undangan.
        
Bupati wanita pertama di Kabupaten Blitar ini, menyampaikan kegiatan ini membawa manfaat dan barokah khususnya untuk masyarakat Kabupaten Blitar. Dan masih diberikan kesehatan serta semangat menjalani ibadah puasa Ramadan. Serta berkarya dan membaktikan diri pada masyarakat, untuk jauh lebih baik. 
 
”Saya berharap, sampai puasa Ramadan purna nantinya kita semua lulus dengan husnul khotimah dan menyambut Idul Fitri dengan hati yang benar-benar fitri, bersih, menjadi insan yang jauh lebih beriman, lebih bijak,”ujar Mak Rini panggilan akrabnya.

Lebih lanjut, Mak Rini menyampaikan, pelaksanakan kegiatan bazar ramadhan dan operasi pasar yang merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Blitar terhadap IKM/UMKM. Kegiatan Bazar Ramadan ini menggerakkan UMKM dan IKM yang ada di seluruh kecamatan. 

Serta dapat meningkatkan dan menggugah rasa kebanggaan masyarakat terhadap produk unggulan Kabupaten Blitar. Hal ini bukti turut membangkitkan UMKM, bangga menggunakan produk dalam negeri. 

”Hal ini agar dipublikasikan secara masif, supaya sukses, membawa peningkatan ekonomi khususnya bagi pelaku IKM/UMKM. Saya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh ASN yang ada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar yang telah berpartisipasi untuk mensukseskan kegiatan ini,” ungkapnya.

Mak Rini juga berharap, bagi IKM/UMKM sangat penting terus berbenah supaya bisa berdaya saing, bisa diterima oleh pasar bukan saja pasar lokal namun harus bisa tembus pasar internasional. Apalagi diera serba digital ini, IKM/UMKM bisa menggunakan platform-platform digital untuk menunjang bisnisnya. 

”Melalui kegiatan ini, saya berharap, antar IKM/UMKM bisa saling sharing bukan bersaing dan sama-sama bertekad mewujudkan Kabupaten Blitar yang mandiri dan sejahtera berlandaskan akhlak mulia baldatun toyibatun warobun ghofur,” imbuhnya.

Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar untuk meningkatkan ekonomi masyarakat salah satunya dengan pengoptimalan sektor wisata. 

Karena  potensi Kabupaten Blitar sangat banyak, ada potensi peternakan, perikanan, pertanian dan juga pariwisata. Untuk itu, guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Blitar.

”Ada kalender event  pada hari ini kita launching. Kalender Event Tahun 2024 untuk memberikan informasi agenda kepariwisataan yang ada di Kabupaten Blitar selama Tahun 2024. Sehingga pelaku usaha dan wisatawan bisa mengetahui lebih dini mengenai event-event yang ada di Kabupaten Blitar,” jelasnya.

Mak Rini juga meminta seluruh masyarakat Kabupaten Blitar sebagai penyampai pesan, bisa mempublikasikan melalui  media sosial masing-masing atau kanal lainnya. Sehingga khalayak di luar Kabupaten Blitar menjadi tahu dan menyaksikan ketika event tersebut digelar. 

”Kita harus kompak menjadi marketer setiap event di Kabupaten Blitar. Dengan demikian jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Blitar meningkat. Pada tahun 2024 kunjungan wisatawan  ditargetkan naik 15% dari Tahun 2023,” tukasnya.

Sebagai catatan bahwa tahun ini, akan ada 25 event yang akan diselenggarakan antara lain; Kirap Tumpeng Ketupat Coklat, Kejuaraan Atletik Open, Manten Kopi, Semen Culture Festival, Festival Kresnayana, Upacara Larung Sesaji, Blitar Koi Show, Push Bike Nasional (Piala Bupati), Trisula Art Festival, dan lain sebagainya.

Untuk diketahui bahwa, jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Blitar Tahun 2023 meningkat 9,10 % dari tahun sebelumnya yaitu sebanyak 2, 8 juta orang. Total tersebut terdiri wisatawan nusantara sebanyak 2 juta 833ribu 201  sedangkan wisatawan mancanegara sebanyak 673 orang. 

”Untuk itu sekali lagi, mari kita jaga kekompakan, kolaborasi agar target tersebut bisa kita capai bahkan kita lampaui, mengingat di Kabupaten Blitar ini banyak destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi,” pungkasnya.

Kesempatan ini, juga dilakukan penyerahan hadiah bagi para pemenang Lomba Cipta Lagu Blitar, yang hari ini juga dilaunching guna memperkuat City Branding Kabupaten Blitar. Selain itu juga launching Sticker One Way City Branding Kabupaten Blitar pada Mobil Dinas Perangkat Daerah.

Dan rencananya, operasi pasar tidak hanya dilaksanakan pada pembukaan bazar Ramadan ini saja, namun juga akan digelar pada penutupan bazar ramadan. 

Tujuannya adalah menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok, pengendalian inflasi sekaligus memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok untuk masyarakat. (JK/ADV/Kominfo)