Ratusan Buruh Rokok Terima Bantuan DBHCHT dari Pemkot Blitar

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 23 Maret 2024 17:52 WIB
Wali Kota Blitar saat memberikan sambutan, saat acara (Foto: MI/JK)
Wali Kota Blitar saat memberikan sambutan, saat acara (Foto: MI/JK)

Blitar, MI - Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melalui Dinas Sosial memberikan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT). Kepada ratusan buruh pabrik rokok. 

Penyerahan bantuan tersebut diberikan secara simbolis oleh Wali Kota Blitar Santoso, kepada buruh pabrik rokok di PT. Putra Megah Sejahtera, di Jalan Tanjung Kota Blitar, pada Jum'at (22/3/2024).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Kota Blitar, dr. Syahrul Alim, Kepala OPD dan juga Ivan Tusco selaku direktur PT Putra Megah Sejahtera.

Masing-masing pekerja pabrik rokok tersebut menerima BLT senilai Rp 300 ribu setiap bulannya. Sedangkan alokasi yang disalurkan untuk meng-cover jatah bulan Januari hingga Maret 2024. 

Total ada 561 buruh pabrik rokok yang berhak untuk menerima BLT DBHCHT ini, dan bantuan tersebut diberikan melalui transfer ke rekening masing-masing penerima manfaat.

Orang nomor satu di Bumi Bung Karno tersebut mengatakan BLT yang bersumber dari DBHCHT ini sengaja diberikan untuk meringankan beban pekerja pabrik rokok. Khususnya, untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan persiapan Lebaran.

“Kami kali ini mewakili dari Dinsos Kota Blitar menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) DBHCHT untuk 561 penerima manfaat. Semoga dapat meringankan mereka, terlebih saat ini di bulan puasa” terang Santoso.

Selain itu, Santoso berharap bantuan ini juga dapat memotivasi karyawan pabrik agar lebih giat dalam bekerja. 

Sementara itu, para buruh linting rokok tersebut pun mengaku bersyukur dengan adanya BLT ini. Pasalnya di bulan ramadhan hingga hari raya Idul Fitri keperluan mereka meningkat drastis.

Dengan adanya BLT senilai Rp 300 ribu per bulan, secara otomatis akan meringankan beban buruh pabrik rokok di bulan Ramadhan ini. “Sangat membantu ya, meski tidak banyak tapi setidaknya meringankan,” ujar Triyono salah satu penerima bantuan.
(JK/ADV/Kominfo Kota)