DPRD Malut Dukung Plt Gubernur Tunjuk Salmin Janidi jadi Plh Sekda Demi Selamatkan Pemerintahan

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 27 Maret 2024 19:46 WIB
Kantor DPRD Provinsi Maluku Utara (Foto: MI/RD)
Kantor DPRD Provinsi Maluku Utara (Foto: MI/RD)

Sofifi, MI - DPRD Provinsi Maluku Utara (Malut) sangat mendukung langkah cepat Plt Gubernur M. Al Yasin Ali menunjuk Salmin Janidi jadi Plh Sekda Malut untuk memperbaiki jalannya roda pemerintahan.

“Oleh karena itu, Plt Gubernur mengambil sikap itu bukan hanya karena beliau punya kemauan, tapi itu langkah untuk menyelamatkan Provinsi Maluku Utara,” kata Jainal Samad, anggota DPRD Malut kepada wartawan, di Kantor DPRD Malut, di Sofifi, Rabu (27/3/2024).

Menurut dia, dengan adanya OTT KPK terhadap Gubernur Malut Non Aktif Abdul Gani Kasuba dan sejumlah Kepala SKPD tersebut di akhir tahun 2023 lalu, diakui banyak pihak telah berpengaruh terhadap jalannya roda pemerintahan. 

Sebab, Sekda devinitif Samsuddin A. Kadir dan beberapa tim TAPD menjadi tersangka dan saksi di kasus tersebut. Sehingga, berpengaruh pada pembahasan anggaran.

“Ketika proses pembahasan anggaran kemarin di Banggar terkait APBD-Perubahan 2023, kan itu tidak jalan, itu yang jadi persoalan. Rentetannya seperti itu, sampai sekarang APBD 2024 juga tidak jalan,” ungkapnya.

Untuk itu, kata dia, dengan ditunjuknya Salmin Janidi sebagai Plh Sekda Malut ini, dapat mempercepat proses jalannya APBD 2024 yang selama ini terhadap.

Sehingga, saat ini menurut informasi yang diterima oleh pihaknya bahwa nomor rekening APBD juga telah dikeluarkan oleh Kemendagri, dan APBD dalam jangka waktu dekat ini sudah bisa terealisasi.

Dia menambahkan, setelah APBD ini sudah bisa jalan, maka sejumlah beban dan tanggungjawab Pemprov Malut yang belum sempat diselesaikan di tahun lalu dapat terlaksana dengan baik di tahun ini.

“Jadi, langkah Plt Gubernur itu sudah benar, sudah tepat sekali. Sehingga proses ini bisa jalan dan noreknya sudah ada. Alhamdulillah, mungkin dua tiga minggu lagi pihak ketiga punya sudah bisa terbayar, kalau nggak kan dia stagnan, dia nggak jalan,” tutup Jainal. (RD).