Wisata Edukasi Kampung Coklat Bagikan THR Bagi Ribuan Jamaah Pengajian Rutin Sabtu Pagi

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 30 Maret 2024 16:20 WIB
Pembagian THR kepada jamaah pengajian (Foto: MI/JK)
Pembagian THR kepada jamaah pengajian (Foto: MI/JK)

Blitar, MI - Ribuan masyarakat yang menghadiri pengajian rutin sabtu pagi di Wisata Edukasi Kampung Coklat, Kademangan, Kabupaten Blitar mendapatkan 
Tunjangan Hari Raya (THR) yang dibagikan oleh pemilik Wisata Kampung Coklat, pada Sabtu (30/3).

Pengajian yang rutin dilakukan setiap Sabtu pagi dimulai jam 07.00 sampai jam 09.00 WIB.

Puluhan ribu warga dari Blitar dan sekitarnya ini rela datang jauh-jauh demi bisa mendapatkan THR. Setiap orang mendapatkan jatah THR Rp 50 ribu. Sementara untuk anak-anak akan mendapatkan THR Rp 25 ribu per orang.

Kholid Mustofa, Pemilik Wisata Kampung Coklat mengatakan, tradisi sedekah kepada jemaah dan pengunjung rutin ini telah dilakukan setiap tahun menjelang lebaran sejak 10 tahun lalu. Sedekah tersebut dilakukan untuk berbagi untuk kebahagian menjelang Idul Fitri.

“Alhamdulillah puasa sudah sampai malam 20, pengajian pagi di Kampung Coklat sudah berjalan 10 tahun, kebiasaan sudah memasuki hari 20, kebiasaannya Kampung Coklat memberikan sedekah kepada jama’ah sekedar berbagi untuk kebahagiaan menghadapi hari raya ini,” kata Kholid, Sabtu (30/3/2024).

Pembagian sedekah berupa uang tersebut dilakukan secara bertahap, hari ini sejumlah 10 ribu jemaah dan pengunjung. Sementara 10 ribu lainya diberikan Sabtu depan.

”Ini belum final, masih ada yang berdatangan terus ini berkah untuk semua pengunjung dan jamaah semuanya juga untuk keluarga besar kampung coklat, imbuhnya.

Perlu diketahui pada pengajian setiap hari Sabtu, Kholid menjelaskan juga membagikan sarapan pagi kepada para pengunjung dan jama'ah. ”Karena ini bulan puasa maka kita bagikan mentahnya dan sebenarnya sama saja jadi tidak ada yang beda,” pungkasnya.

Sementara itu, Yatirah warga Rejotangan Kabupaten Tulungagung, rela datang jauh-jauh untuk mendapatkan THR dan juga sering mengikuti kegiatan pengajian setiap Sabtu pagi di Kampung Coklat.

Selain itu, ia juga mengetahui setiap bulan suci Ramadan Wisata Kampung Coklat selalu membagikan THR pada jama'ahnya.

“Saya datang bersama anak saya dan anak saya pun dapat THR juga, Alhamdulillah buat tambah-tambah persiapan hari raya Idul Fitri,” ujarnya. (JK)

Berita Terkait