Pengurus DPD GMNI Sultra Periode 2023-2025 Resmi Dilantik

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 6 April 2024 06:45 WIB
Sesi foto bersama usai acara pelantikan (Foto: Dok MI)
Sesi foto bersama usai acara pelantikan (Foto: Dok MI)

Kendari, MI — Dewan Pimpinan Daerah (DPP) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sulawesi Tenggara resmi dilantik periode 2023-2025 dengan mengangkat tema "Revitalisasi Arah Gerak GMNI Sulawesi Tenggara, Progreaif, Adaptif, Serta Berkolaboratif Menuju Indonesia Emas 2045"

Kegiatan Pelantikan DPD GMNI Sulawesi Tenggara tersebut dilaksanakan di Aula Poli Kantor Gubernur, Provinsi Sulawesi Tenggara, Kamis (4/4/2024).

Berdasarkan Surat Keputusan Nomor : 160/SK/DPP.GMNI/VII/2023 Hasil Konferensi Daerah menetapkan Bung Rio La Umpara dan Hasir sebagai Ketua Umum dan Sekretaris jendral DPD GMNI Sulawesi Tenggara.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Jendral DPP GMNI Bung Sujahri Somar, Demisoner DPD GMNI Sulawesi Tenggara Bung Musrivind, serta jajaran Senior Alumni dan Pendiri GMNI Sulawesi Tenggara. Hadir pula Pj Gubernur Sulawesi Tenggara yang di Wakili Asisten 1, WR 3 UHO, WR3 Unsultra, DPC GMNI se Sulawesi Tenggara dan sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda Sulawesi Tenggara.

Dalam laporannya ketua panitia, Hasir mengatakan pelantikan pengurus DPD GMNI Sulawesi Tenggara, pelantikan ini adalah awal untuk membangun kerja-kerja organisasi dan Kaderisasi kedepan, dan di harapkan seluruh kader kader GMNI se sultra agar bisa menyosong  arah gerak GMNI untuk mempersiapkan diri menuju Indonesia emas 2045.

“Kita berharap kedepan, seluruh anggota dan kader bisa terus berkomitmen dan menjaga ideologi bung Karno untuk tetap tumbuh dan berkembang di Sulawesi Tenggara sehingga apa yang kita harapkan bisa terwujud yakni melahirkan kader yang siap memenangkan zaman di tahun ke emasan Indonesia di 2045 kedepan,” tegasnya.

Ketua DPD GMNI Sulawesi Tenggara yang terlantik, Rio La Umpara percaya diri bahwa anggota dan kader GMNI Sulawesi Tenggara Siap Menghadapi hambatan zaman. 

Ia mengatakan, bahwa Sulawesi Tenggara adalah salah satu provinsi yang masuk dalam 11 proyek strategis nasional bahkan kita memiliki tiga titik proyek Industri dalam proyek strategis nasional tersebut. "Artinya kita memiliki sumber daya alam yang sangat unggul, tugas kita bagaimana melahirkan sumber daya manusia yang unggul untuk mencapai keseimbangan pembangunan".

"Kolaborasi antara pemerintah dan seluruh elmen masyarakat termasuk pemuda sangat di perlukan karena ini tanggung jawab kita semua. Komitmen kita memastikan kekayaan kita bisa di nikmati seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara," katanya.

Tak hanya itu, Rio La Umpara juga kembali memberi penegasan tentang posisi GMNI untuk menghadapi momentum pilkada serentak 2024 kedepan, kita adalah organisasi independen dan nasionalis harus ikut mengawal seluruh rangkayan pesta demokras kedepan, memastikan   tidak ada perpecahan di tengah masyarakat Sulawesi Tenggara. 

Olehnya itu, harapannya ke depan bisa terus menjalankan nilai-nilai perjuangan Marhaenisme seperti apa yang telah di cetuskan oleh Bung Karno sekaligus memastikan demokrasi dan pemilu 2024 berintegritas, berkualitas dan substansial untuk melegitimasi pemimpin yang di pilih oleh rakyat.

Sementara Sekjen DPP GMNI Bung Suhjari somar menegaskan tentang pentingnya pemberdayaan kader, GMNI Sulawesi Tenggara di harapkan menjadi lokomotif gerakan, peka terhadap isu-isu strategis, dan berdaya di seluruh instrumen bernegara. 

“Saya berharap kita sebagai oraganisasi tidak hanya berdaya pada saat dalam organisasi tetapi mampu berkompetisi di luar organisasi, pemerintah nasional menyosong Indonesia emas di tahun 2045, kita harus mempersiapkan diri dari sekarang, kita akan memenangkan zaman dari semua sektor” harapnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara yang di wakili asisten 1, pak suhano, dalam sambutannya menyampaikan kepada kepengurusan DPD GMNI Sulawesi Tenggara yang baru dilantik, GMNI adalah bagian terpenting dalam pembangunan Sulawesi Tenggara terutama dalam melahirkan pemimpin di masa depan. 

“Kami Berharap GMNI Sulawesi Tenggara terus berkomitmen melahirkan bibit unggul, juga menjadi patner kritis pemerintah provinsi, sebab kita perlu berkolaborasi antara pemerintah provinsi, masyarakat dan pemudah, kami siap memfasilitasi seluruh progam kerja organisasi pemudah selama itu untuk kepentingan seluruh masyarakat ” harapnya.

Ia juga menyampaikan, DPD GMNI Sulawesi Tenggara, bisa mendukung program pemerintah daerah, dalam hal ini pembangunan infrastruktur, pendidikan, ekonomi, sosial dan pembangunan strategis lainya, untuk kepentingan masyarakat Sulawesi Tenggara.