Jelang Idul Adha, Harga Domba di Tangerang Melambung Sampai 30 Persen

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 11 Mei 2024 17:49 WIB
Menjelang Idul Adha, pedagang musiman hewan kurban mulai menjamur di Kabupaten Tangerang, Banten. Harga hewan kurban seperti domba pun naik 25% hingga 30%, Sabtu (11/5/2024)
Menjelang Idul Adha, pedagang musiman hewan kurban mulai menjamur di Kabupaten Tangerang, Banten. Harga hewan kurban seperti domba pun naik 25% hingga 30%, Sabtu (11/5/2024)

Tangerang, MI - Menjelang Idul Adha, pedagang musiman hewan kurban mulai menjamur di Kabupaten Tangerang, Banten. Bahkan harga domba biasanya untuk kurban pun melambung berkisar 25% hingga 30% pada Sabtu (11/5/2024).

Berdasarkan pengamatan di lapangan terlihat lapak-lapak hewan kurban bermunculan di sepanjang Jalan Raya Tigaraksa. 

Mereka membuat lapak tepat di pinggir jalan agar mudah terlihat warga dan pengendara yang tengah melintas.

Seperti cerita Suratman salah seorang pedagang hewan kurban mengatakan, sudah satu pekan lamanya menjajakan hewan kurban jenis domba di Jalan Tigaraksa. Dia mengaku selama tujuh hari berjualan belum ada warga yang membeli domba miliknya.

"Penjualan belum ramai, sudah ada warga yang datang ke sini, cuma baru menanyakan harga. Domba yang saya bawa ini jumlahnya 120 ekor," katanya di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Sabtu (11/5/2024) siang.

Suratman menambahkan, pada Iduladha 2024 ini, harga domba mengalami kenaikan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan Idul Adha 2023. Kenaikan harga domba pada kisaran 25% hingga 30% per ekor.

"Sekarang itu harga domba ukuran sedang naik jika dibandingkan dengan tahun lalu, Rp 2,5 juta sekarang menjadi Rp 3 juta. Kalau yang ukuran besar dan gemuk itu sekarang Rp 7 juta, tahun lalu itu cuma Rp 6,5 juta," lanjutnya.

Menurut Bahrudin teman Suratman sama-sama dagang hewan domba berasal dari daerah Sukabumi, Cianjur, Garut, dan Bogor. Sebelum dibawa ke lapak dagangannya, domba sudah melalui proses pemeriksaan kesehatan di daerah asalnya.

"Biasanya penjualan hewan kurban ini mulai ramai satu pekan menjelang Iduladha. Mudah-mudahan penjualan hewan kurban domba saya tahun ini lebih meningkat dari tahun lalu," harap Bahrudin. (Sar)