Hari Ini Dilantik Jadi Pj Gubernur Malut, Ini Profil Samsuddin A Kadir

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 17 Mei 2024 09:15 WIB
Sekda Malut Samsuddin A. Kadir (Foto: MI/RD)
Sekda Malut Samsuddin A. Kadir (Foto: MI/RD)

Sofifi, MI - Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara (Malut) Samsuddin A Kadir, akan dilantik jadi Penjabat (Pj) Gubernur Malut, pada hari ini, Jumat (17/5/2024). Hal ini berdasarkan surat undangan, yang beredar dari Sekretaris Jenderal Kemendagri Tomsi Tohir. 

Surat undangan tertanggal 16 Mei 2024 ini, ditujukan kepada Samsuddin A Kadir, Bahtiar, Zudan Arif Fakrulloh, Mohammad Rudy Salahuddin, dan Al Muktabar untuk dilantik sebagai Pj Gubernur di 5 Provinsi, yang akan berlangsung di Sasana Bhakti Praja (SBP) lantai 3 Gedung C Kemendagri, Jl. Medan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta Pusat.

“Dalam rangka pelantikan Penjabat Gubernur Maluku Utara, Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Penjabat Gubernur Gorontalo, dan Penjabat Gubernur Banten dimohon kehadiran saudara,” demikian isi surat undangan tersebut.

Monitorindonesia.com mencatat, sesuai informasi dari berbagai sumber terpercaya, Samsuddin A Kadir pernah menjabat sebagai Camat Wasilei Selatan Kabupaten Halmahera Timur. Setelah itu, dia juga pernah memegang jabatan eselon II di Kabupaten tersebut.

Setelah itu, dia pindah dari Kabupaten Halmahera Timur menuju Kabupaten Pulau Morotai. Dan misinya tersebut juga membuahkan hasil, dengan menjabat sebagai pejabat eselon II di Kabupaten, yang terkenal dengan wisata Pulau Dodolanya ini.

Mantan Camat Wasilei Selatan ini, kemudian bermanuver kembali pada tahun 2018 dan 2019, untuk pindah ke Pemerintah Provinsi Maluku Utara, hingga berhasil menjabat sebagai Kepala Kesbangpol di masa Gubernur Abdul Gani Kasuba dan Wagub M. Natsir Thaib. Bahkan, saat itu Gubernur Malut tidak pernah mengenalinya.

Selain itu, dia pernah memegang jabatan strategis lainnya di Pemprov Malut, seperti Kepala Satpol PP, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan terakhir kurang lebih 4 tahun lebih ini dia menjabat sebagai Sekda Malut. (RD)