Plh Sekda Kota Bekasi Sampaikan Amanat Selaku Pembina Apel Pagi

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 27 Mei 2024 13:23 WIB
Sekda Kota Bekasi, Dwie Andyarini Dian Arga (tengah) (Foto: Istimewa)
Sekda Kota Bekasi, Dwie Andyarini Dian Arga (tengah) (Foto: Istimewa)

Kota Bekasi, MI - Plh. Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Dwie Andyarini Dian Arga menjadi pembina apel pagi dilingkungan Kantor Wali Kota Bekasi, Senin, (27/5/2024). Sejumlah Aparatur berbaris rapih sesuai dengan perangkat daerahnya masing-masing. Apel kali ini dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan bagi ASN yang memasuki masa pensiun per Juni 2024. 

Dwie Adnyarini yang devinitif sebagai Asisten Administrasi Umum dan Perekonomian ini menyampaikan amanat dalam apel kali ini. Sejumlah instruksi dan arahan disampaikan untuk kedepan perbaikan pengelolaan administrasi pemerintahan dilingkungan Pemerintah Kota Bekasi. 

Dalam arahannya, Dwie menyampaikan agar jajaran Pemkot Bekasi meningkatkan sistem pelaporan keuangan Pemerintah Daerah. Ia meyakini capaian Pemkot Bekasi meraih opini dari BPK Wajar Dengan Pengecualian (WDP) selama beberapa tahun terakhir menjadi evaluasi bersama, khususnya terkait pengadaan barang dan jasa serta pengelolaan aset daerah.

"Ada beberapa hal yang memang harus kita perbaiki dan kesalahan tiap tahun yang menyebabkan kita WDP sudah diperbaiki. Tapi tahun evaluasi berikutnya permasalahan baru. Untuk itu, menjadi penekanan khususnya di lingkup Perangkat Daerah terkait peningkatan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah. Ini menjadi catatan. Sejauh mana SPIP di internal masing-masing perangkat daerah. Kaitannya terkait mitigasi resiko dan pengawasan berjenjang," kata Dwie. 

Lebih lanjut ia menyampaikan upaya peningkatan pengelolaan barang dan jasa di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bekasi. Untuk memperbaiki hal tersebut diantaranya perlu adanya penambahan sarana dan prasarana bagi pengelolan barang di lingkup sekolah berupa komputer atau laptop. 

"Ini menjadi catatan dan perhatian kepala Dinas Pendidikan dan Bappelitbangda. Karena memang di Disdik itu sekolahnya banyak," lanjutnya. 

Beberapa hal yang kemudian menjadi perhatiannya adanya kunjungan Inspektorat Jawa Barat terkait evaluasi pengelolaan bantuan keuangan Jawa Barat di Kota Bekasi. Ia menyampaikan agar perangkat daerah membantu memoersiapkan dokumen yang dibutuhkan mengenai hal tersebut. 

Selanjutnya mengenai kedisiplinan aparatur perlu ditingkatkan karena masih banyak yang tidak melaksanakan apel pagi dan mengikuti paripurna LKPJ beberapa waktu lalu. 

"Dalam paripurna juga perlu menjadi catatan dalam pandangan akhir fraksi untuk perbaikan Pemerintah Kota Bekasi, dalam hal ini perangkat daerah supaya berkoordinasi dengan Bagian Tata Pemerintahan," paparnya. 

Evaluasi Pj Wali Kota Bekasi pada Juni mendatang juga perlu dikoordinasikan terutama pembinaan ASN. Dan monitoring dan evaluasi BUMD yang akan dilaksanakan pada waktu mendatang bisa dipersiapkan. 

Catatan akhir mengenai perolehan pajak bumi dan bangunan perlu ditingkatkan melalui sosialisasi PBB door to door bekerjasama dengan BJB. Untuk itu ia mengintruksikan para camat dan lurah meningkatkan capaian tersebut. 

"PBB masih rendah capainnya, ini dilakukan biar mengungkit kerjasama dengan kecamatan dan kelurahan," pungkasnya. (Hms/ADV)