Perumda Tirta Benteng Tingkatkan Pelayanan Air Bersih ke Seluruh Wilayah Kota Tangerang

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 28 Mei 2024 22:36 WIB
Direktur Utama Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang, Doddy Effendi (Foto: Istimewa)
Direktur Utama Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang, Doddy Effendi (Foto: Istimewa)

Tangerang, MI - Dalam rangka Pengembangan sistem penyediaan air minum (SPAM) dan sebagai bagian untuk mendukung program strategis nasional (PSN) untuk offtakers Karian Serpong 

Pemerinta Kota Tangerang melalui Perumda Tirta Benteng (TB) Kota Tangerang melakukan peningkatan pelayanan air bersih ke seluruh wilayah kota Tangerang.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama Perumda Tirta Benteng kota Tangerang Doddy Effendi kepada awak media, Senin (27/5/2024).

Seperti di ketahui bahwa Perumda Tirta Benteng kota Tangerang mendapatkan hibbah IPA Sitanala kapsitas 500 l/d dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR yang belum lama ini telah di resmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

IPA Sitanala yang nantinya akan di gunakan untuk mensuply air bersih ke wilayah zona 2 yang meliputi empat kecamatan, yaitu : Kecamatan Karawaci, Kecamatan Cibodas, dan Kecamatan Periuk, dan Kecamatan Jatiuwung.

"Proses pembangunannya sedang berjalan, dan semoga selesai tepat waktu," ungkapnya.

Selain mendapat hibah dari Kementerian PUPR, Perumda tirta Benteng kota Tangerang juga memperoleh hibah sebanyak 51.415 pelanggan dari Perumdam Tirta Kerta Raharja

"Seperti kita ketahui bahwa Perumda TB belum memiliki jaringan pipa (JDU) untuk mengaliri ke wilayah tersebut, untuk kami membuka kerja sama melalui badan usaha yang sudah kami umumkan tahun lalu," ungkap Doddy.

Sebagai informasi bahwa untuk dalam proses pengadaan badan usaha tersebut Perumda Tirta Benteng meminta pemdampingan oleh Kejaksaan Negeri kota Tangerang, BPKP Prov Banten,Kementerian PUPR melalui Dirjen Pembiayaan, Inspektorat kota Tangerang.

Dan juga untuk konsultannya sendiri Perumda TB juga meminta pendampingan dari LAPI ITB .

Hal tersebut dilakukan, selain menghindari potensi kerugian negara, tentunya untuk mendapatkan mitra kerja yang terbaik dengan standar kualifikasi sesuai kebutuhan dan memiliki pengalaman serta kemampuan dalam mengolan SPAM untuk wilayah pelayanan di zona 2 dan zona 3.