57 KPM Difabel dan Miskin Ekstrem Desa Kendalrejo Terima BLT DD Rp 17,1 Juta

Firmansyah Nugroho
Firmansyah Nugroho
Diperbarui 31 Mei 2024 20:42 WIB
Pemdes Kendalrejo salurkan BLT DD di Balai Serbaguna (Foto: Dok MI/JK)
Pemdes Kendalrejo salurkan BLT DD di Balai Serbaguna (Foto: Dok MI/JK)

Blitar, MI - 57 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) warga desa Kendalrejo Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar bisa tersenyum setiap bulannya.

Mereka mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa (DD) dengan besaran Rp 300 ribu masing-masing KPM per bulan. Penyaluran bantuan tersebut berlangsung di Balai Serbaguna Desa Kendalrejo.

"Alhamdulilah, penyaluran BLT DD anggaran tahun 2024, bisa terlaksana dengan maksimal sesuai dengan kriteria, yaitu penyandang disabilitas dan miskin ekstrim, ” ujar Kepala desa Achmad Soefanan, Jum'at (31/5/2024).

Achmad Soefanan, menjelaskan untuk penyaluran pada bulan Mei 2024, dengan total sebesar Rp 17,1 juta. Dana sebesar tersebut dibagikan kepada 57 KPM dan masing-masing KPM menerima Rp 300 ribu setiap bulannya.

 Pemdes dalam penyaluran ini juga turun langsung ke lapangan. Hal ini dimaksudkan agar bantuan bisa langsung tepat sasaran. "Apabila ada yang berhalangan hadir, saya beserta perangkat lainnya langsung ke rumah KPM. Kalau sampai diwakilkan, ya wajib membawa surat kuasa,’’ terangnya.

Program BLT DD merupakan program yang ditujukan untuk memberikan bantuan uang kepada keluarga yang kurang mampu di desa. Dengan sumber dana yang berasal dari dana desa untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem. Achmad, juga berharap berharap bantuan ini bisa, meringankan beban mereka untuk memenuhi kebutuhan setiap hari.

”Untuk BLT DD anggaran tahun 2024 ini, pemdes Kendalrejo mengeluarkan total dana sebesar Rp 205, 2 juta. Dan semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu kebutuhan setiap hari,” pungkasnya. (JK)