Pj Wali Kota Bekasi Mengajak Seluruh Komponen Mengamalkan Pancasila

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 1 Juni 2024 17:49 WIB
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Bekasi, Sabtu (1/6/2024) (Foto/Hms)
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Bekasi, Sabtu (1/6/2024) (Foto/Hms)

Kota Bekasi, MI - Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni oleh Pemerintah Kota Bekasi berlangsung di Plaza perkantoran Pemerintah Kota Bekasi, Sabtu (1/6/2024) dengan Tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045".

Upacara tersebut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Yakni, Kapolres Metro Bekasi Kota, Dani Hamdani; Dandim 05/07 Bekasi, Rico Ricardo Sirait; Plh Sekretaris Daerah, Dwi Andyarini beserta jajaran. 

Dalam pidatonya, Pj Wali Kota Bekasi, R. Gani Muhammad mengatakan, Pancasila pemersatu segala perbedaan, Suku, Agama, Budaya dan Bahasa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

"Dalam momentum ini saya mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan Nilai-nilai Pancasila kedalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," kata Gani.

Pancasila, tegas Gani, harus senantiasa dijiwai dan dipedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

"Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa dan bernegara".

"Kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati pemilihan umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa" timpalnya.

Pun Gani berharap, peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat mendorong semangat semua lapisan untuk terus mengamalkan pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa di kancah dunia. (Hms/ADV)