Yolla Gani Buka Sosialisasi INI GENTING dan PIKR untuk Para Remaja

Firmansyah Nugroho
Firmansyah Nugroho
Diperbarui 1 Juni 2024 15:40 WIB
Yolla Gani sosialisasikan program Implementasi Nyata Generasi Berencana Cegah Stunting (INI GENTING) dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Kepada Para Siswa-Siswi SMAN/SMKN/MAN di Kota Bekasi (Foto: MI/Hms)
Yolla Gani sosialisasikan program Implementasi Nyata Generasi Berencana Cegah Stunting (INI GENTING) dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Kepada Para Siswa-Siswi SMAN/SMKN/MAN di Kota Bekasi (Foto: MI/Hms)

Kota Bekasi, MI - Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana sosialisadikan program Implementasi Nyata Generasi Berencana Cegah Stunting (INI GENTING) dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIKR) kepada para siswa-siswi SMAN/SMKN/MAN di Kota Bekasi, Jum'at (31/5/2024) di Gedung Balai Patriot.

Sosialisasi tersebut dibuka Yolla Kusuma Gani, istri Pj Wali Kota Bekasi selaku Bunda GenRe yang memiliki peran untuk memberikan pendampingan dan pembinaan kepada remaja atau generasi muda dalam merencanakan masa depan yang berkualitas.

Program INI GENTING digagas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang berfokus untuk memberikan perhatian khusus kepada para remaja dalam upaya mempercepat penurunan stunting di Jawa Barat. Sebagai calon pengantin, remaja perlu mendapatkan peningkatan pengetahuan terkait edukasi gizi dan pencegahan anemia untuk mencegah kelahiran bayi stunting.

Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) menjadi wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari dan oleh remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga.

Sebagai Bunda GenRe, Yolla Kusuma Gani mengapresiasi digelarnya sosialisasi ini. Menurut Yolla, sebagai orang tua memiliki tanggung jawab besar untuk mendampingi, mengawasi, dan membina para remaja dalam bertumbuh kembang menuju ke tahap selanjutnya dengan bekal edukasi serta pengetahuan yang mumpuni agar terbentuk generasi yang lebih baik, cerdas, dan kreatif. 

Untuk itu kata Yolla, program INI GENTING dan PIK-R sangat penting diperkenalkan kepada adik-adik remaja sejak dini. Sehingga, harapan menuju generasi emas Indonesia 2045 dapat digapai.  (Hms/ADV)