HUT Satpol PP dan Satlinmas Ke-75, Refleksi Penegak Perda yang Tegas namun Humanis

Firmansyah Nugroho
Firmansyah Nugroho
Diperbarui 12 Juni 2024 01:14 WIB
Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Satpol PP dan Satlinmas Kota Bekasi (Foto: MI/Hms)
Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Satpol PP dan Satlinmas Kota Bekasi (Foto: MI/Hms)

Kota Bekasi, MI - Hari Ulang Tahun Satpol PP ke-74 dan Satlinmas ke-62, Selasa (11/6/2024), Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi R Gani Muhamad berharap menjadi refleksi penegakan Perda yang humanis dan berkeadilan.

Acara yang turut dihadiri unsur Forkopimda, pejabat eselon II dan III, serta personil Satpol PP Kota Bekasi itu berlangsung di Plaza Kantor Pemerintah Kota Bekasi.

Dalam sambutannya, R Gani Muhamad mengapresiasi kinerja Satpol PP dalam menjalankan tugas, khususnya untuk penegakan Perda, sehingga tercipta rasa aman dan nyaman ditengah masyarakat. 

"Satpol PP memiliki peran strategis dalam memelihara dan menjaga ketertiban umum. Sebagai penegak Perda, tentu memiliki tanggung-jawab besar ditengah masyarakat," kata R Gani Muhamad.

Mengemban tugas penting tersebut lanjut Gani, Satpol PP harus selalu berkoordinasi dengan unsur-unsur pentahelix demi terwujudnya tugas dan fungsinya sebagai bagian dari penegakan hukum. 

"Hari ulang tahun Satpol PP dan Satlinmas ini, mari kita ciptakan sebagai refleksi untuk semakin tegas namun tetap humanis, proaktif dalam mencermati kondisi dan dinamika yang terjadi diwilayah Kota Bekasi," pesannya. 

R Gani Muhamad mengingatkan, Satpol PP dan Satlinmas terus meningkatkan kinerja dan selalu siap siaga saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 yang akan berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia. Tingkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum.

"Satpol PP juga menjadi faktor penting untuk mendukung keberhasilan penyelenggaraan Pilkada mendatang. Beran Satpol PP sangat strategis membangun komunikasi ketika terjadi miskomunikasi anrar warga," kata Gani. (MA/Hms)