Arahan Percepat Realisasi DAK, BPBJ Malut Tindaklanjuti

Firmansyah Nugroho
Firmansyah Nugroho
Diperbarui 26 Juni 2024 11:52 WIB
Plh Sekda Maluku Utara Kadri Laetje (Foto: MI/RD)
Plh Sekda Maluku Utara Kadri Laetje (Foto: MI/RD)

Sofifi, MI - Pelaksana harian (Plh) Sekda Provinsi Maluku Utara (Malut) Kadri Laetje menyarankan agar proyek yang melekat pada Dana Alokasi Khusus (DAK) di seriap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar segera dijalankan. 

Mengingat, sudah memasuki pertengahan tahun dan menjelang hari kemerdekaan 17 Agustus tahun 2024 dan HUT Provinsi.

“Kalau boleh OPD pengelola DAK agar secepatnya untuk merealisasikan kegiatan, soalnya ini sudah mau memasuki 17 Agustus,” ujarnya, via telepon, Rabu (26/6/2024).

Bagi dia, apalagi kegiatan-kegiatan yang subjek lokasi pekerjaannya berada di Sofifi, ini penting untuk dipercepat supaya sebelum 17 Agustus sudah tuntas dikerjakan.

“Saya harap kegiatan DAK yang berlokasi di Sofifi itu segera dituntaskan, agar pas hari kemerdekaan itu Ibu Kota Provinsi sudah terlihat bagus,” harapnya.

Sementara, Plt Kepala BPBJ Abdul Farid Hasan secara terpisah mengamini apa yang diminta oleh Plh Sekda. Pihaknya menjelaskan bahwa mulai bulan Mei lalu dia dan timnya sudah mempersiapkan proses tender khususnya proyek DAK.

“Kami sudah input sebagian besar kegiatan DAK di bulan Mei lalu, sekarang tinggal proses tender, semoga ini dapat dipercepat supaya pihak ketiga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya berharap agar pihak ketiga pemenang tender dapat mempercepat proses pekerjaanya sehingga di bulan Agustus nanti sudah tuntas.

“Insya Allah kegiatan fisik di Kota Sofifi tuntas sebelum Agustus,” harap Farid. (RD)