Polres Kolaka Amankan Napi yang Melarikan Diri

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 26 Juni 2024 14:25 WIB
Polres Kolaka saat menyerahkan napi Rutan Raha yang melarikan diri. (Foto: Antara)
Polres Kolaka saat menyerahkan napi Rutan Raha yang melarikan diri. (Foto: Antara)

Kendari, MI - Tim Elang Anti Bandit Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor (Polres) Kolaka bersama dengan petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kolaka berhasil membekuk narapidana (Napi) asal Rutan Kelas IIB Raha yang melarikan diri di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Kepala Seksi (Kasi) Humas Polres Kolaka Iptu Dwi Arif saat dihubungi Rabu (26/6/2024) mengatakan bahwa narapidana tersebut berinisial SS (39), dibekuk di Jalan Abadi, Kelurahan Kolakaasi, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sultra, pada Selasa (25/6) sekitar pukul 11.50 WITA. "Napi tersebut melarikan diri dari Rutan Kelas IIB Raha, dan lari di Kolaka," ujar Dwi Arif.

Dia menyebutkan bahwa saat pelariannya dari Rutan Kelas IIB Raha, SS mengelabui petugas Rutan dengan menyamar menjadi seorang wanita dan menggunakan hijab, sehingga tidak diketahui oleh para petugas. “Dalam pelariannya, SS berhasil ditangkap Tim Elang Anti bandit Kolaka yang membackup Rutan Kelas IIB Kolaka," ucapnya.

Dwi Arif menjelaskan bahwa sebelum ditangkap, SS telah masuk dalam daftar pencarian orang atau DPO usai melarikan diri dari Rutan Kelas IIB Raha pada Sabtu (22/6) lalu, sekitar pukul 18.15 WITA. "Berdasarkan hasil penyelidikan, diketahui SS itu bersembunyi di Kabupaten Kolaka, dan langsung ditindak lanjuti oleh petugas," jelas Dwi Arif.

Dia menambahkan bahwa saat ini SS yang merupakan warga Kelurahan Sakuli, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka itu, langsung dibawa ke Rutan Kelas IIB Kolaka untuk dilakukan proses lebih lanjut. "Sudah diserahkan dan prosesnya kepada Rutan Kelas IIB Kolaka," sambungnya. (AM)