Staf Ahli Gubernur Hairia Resmi Buka Olimpiade Siswa Berkebutuhan Khusus Tingkat Provinsi Maluku Utara

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 27 Juni 2024 17:32 WIB
Staf Ahli Gubernur Maluku Utara Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan Hairia memberikan piagam penghargaan kepada pendidik siswa berkebutuhan khusus (Foto: Ist)
Staf Ahli Gubernur Maluku Utara Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan Hairia memberikan piagam penghargaan kepada pendidik siswa berkebutuhan khusus (Foto: Ist)

Sofifi, MI - Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan, Hairia dengan resmi membuka kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (O2SN/PDBK) Tahun 2024 tingkat Provinsi Maluku Utara (Malut), tepatnya di Halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Sofifi, Kamis (27/6/2024).

Memulai sambutannya, dia mengatakan bahwa PDBK merupakan wahana kompetisi bidang olahraga atau kinestetik peserta didik berkebutuhan khusus. Yang juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam menumbuhkan budaya belajar, berprestasi, kreativitas, sportivitas, dan berorientasi pada pemberdayaan peserta didik yang memiliki kepribadian sebagai karakter unggul.

“Hari ini kita akan mengadakan O2SN untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Nah, ini dilakukan dalam rangka kita memberikan pemenuhan hak yang sama untuk seluruh peserta didik, baik di Bidang Pendidikan, Bidang Keolahragaan, Bidang Seni dan Budaya,” jelasnya.

Selain itu, dalam hal ini O2SN PDBK bertugas untuk mengidentifikasi bibit-bibit unggul dan talenta potensial untuk mendukung pencapaian olahraga nasional melalui pembinaan jangka panjang.

“Semoga anak-anak kita ini dapat meraih prestasi yang baik di masing-masing mata lomba,” harap Hairia.

Sementara itu Kepala Dikbud Malut Imran Yakub mengatakan, terkait lomba O2SN/PDBK ini sangat bagus dilakukan sebagai ajang silaturahmi antara siswa dengan siswa, dan antara guru dengan guru lainnya. 

“Apalagi, siswa berkebutuhan khusus sangat membutuhkan silaturahmi antara sekolah sebagai bentuk sosialisasi membangun keakraban,” terangnya.

Untuk itu, menurut Imran, pada hari ini anak-anak berkebutuhan khusus sedang mengadakan pertandingan olahraga, hal ini tujuannya selain untuk silaturahmi dalam rangka untuk membangun sportivitas.

“Kemudian membangun semangat belajar, dan juga menumbuhkan cinta kasih kepada sesama. Dan semoga anak-anak mendapatkan haknya dengan baik,” harap Imran. (RD).