Plh Sekda Malut Sampaikan Pesan Pj Gubernur pada Pembukaan UKW PWI

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 28 Juni 2024 13:01 WIB
Plh Sekda Malut Kadri La Etje memeberikan sambutan pada pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di Ballroom Sahid Bela Ternate, Jumat 28 Juni 2024 (Foto: Ist)
Plh Sekda Malut Kadri La Etje memeberikan sambutan pada pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di Ballroom Sahid Bela Ternate, Jumat 28 Juni 2024 (Foto: Ist)

Ternate, MI - Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi dibuka oleh Plh Sekretaris Daerah Maluku Utara, Kadri Laetje, pada Jumat (28/6/24) di Ballroom Hotel Bela.

Dalam sambutan tertulis Pj Gubernur yang dibacakan oleh Kadri, ditekankan pentingnya kerjasama antara lembaga pemerintah, baik pusat maupun daerah, dengan media yang berkompeten. Kadri menegaskan bahwa dengan adanya kerjasama tersebut, kebutuhan publikasi informasi kegiatan pemerintah dapat berjalan dengan baik.

Kadri menyatakan bahwa untuk mendapatkan media yang berkualitas, wartawan harus memiliki kompetensi yang mumpuni. Wartawan yang berkompeten akan mampu menjaga aturan yang termuat dalam Undang-Undang Pers dan Kode Etik Jurnalis dalam setiap kegiatan peliputan.

“Wartawan tanpa pengetahuan jurnalistik dan kode etik yang memadai berpotensi menghadapi masalah dalam prinsip-prinsip jurnalistik yang diatur dalam Undang-Undang Pers,” ujar Kadri.

Dia berharap PWI Pusat terus meningkatkan sumber daya manusia di bidang jurnalistik, khususnya di Maluku Utara.

Kadri juga menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya UKW ini, diharapkan akan terwujud tingkah laku dan kapasitas profesional seorang jurnalis yang akan menjamin kerja jurnalistik yang benar-benar jauh dari perbuatan tidak bermartabat.

Ketua PWI Malut, Asri Fabanyo, dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan UKW di Maluku Utara ini merupakan program PWI Pusat bekerja sama dengan BUMN. Peserta UKW terdiri dari anggota PWI, baik anggota muda maupun anggota biasa, dengan total 36 peserta yang terbagi dalam kategori UKW utama (4 orang), madya (8 orang), dan muda (24 orang).

“Pelaksanaan UKW ini adalah bagian dari upaya PWI dalam meningkatkan profesionalisme dan kualitas wartawan di daerah,” kata Asri. Dia berharap UKW yang dilaksanakan dapat menjadi sarana penting untuk memastikan wartawan memiliki kompetensi yang sesuai standar jurnalistik.

Acara ini dihadiri oleh Forkopimda Malut, Koordinator UKW PWI Pusat, Rektor Unkhair Ternate, Asisten III Kota Ternate, Karo Adpim Malut, dan Dewan Kehormatan PWI Malut. (RD)