BPBD Kabupaten Blitar Lakukan Pencarian Korban Diduga Tertimbun Longsor di Desa Bumirejo

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 30 Juni 2024 1 hari yang lalu
Suasana proses evakuasi di lokasi kejadian. (Foto: Dok BPBD Kab. Blitar)
Suasana proses evakuasi di lokasi kejadian. (Foto: Dok BPBD Kab. Blitar)

Blitar, MI - Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Blitar melakukan evakuasi pada 4 orang diduga tertimbun tanah longsor di dusun Sukorejo RT 04 RW 01 Desa Bumirejo Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar Blitar, pada Minggu (30/06/2024). 

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 17.00 WIB.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Ivong Berttyanto mengatakan, bencana alam ini terjadi hari Minggu pukul 17.00 WIB dan masih ada beberapa orang yang hilang. 

Diduga, mereka tertimbun longsor dan petugas juga terus melakukan upaya pencarian sampai detik ini. 

”Satu orang korban sudah diketemukan, dan mengalami luka, untuk tiga orang korban yang diduga tertimbun, petugas terus melakukan upaya pencarian sampai detik ini," kata Ivong, pada Minggu (30/6/2024). 

"Untuk penyebab longsor, kami belum bisa memastikan. Jika dilihat dari data BPBD, Desa Bumirejo Kecamatan Kesamben ini memang masuk dalam wilayah rawan terjadi bencana alam yakni tanah longsor,” tambahnya.

Dikatakan Ivong, saat ini petugas BPBD Kabupaten Blitar sedang melakukan proses evakuasi korban, dengan menurunkan 20 personil dengan peralatan lengkap dan melaksanakan koordinasi dengan lintas sektor TNI-Polri dan Basarnas.

Petugas gabungan juga ikut melakukan upaya pembersihan puing-puing bangunan dan mencari keberadaan orang hilang dengan alat manual dan alat berat serta warga setempat. Dan satu alat berat lagi masih dalam perjalanan ke lokasi.

”Kami masih melakukan proses evakuasi, jika sudah ada informasi terbaru maka akan kami sampaikan ke masyarakat. Minta doanya, semoga segera ditemukan," pungkasnya.

Dari informasi yang diperoleh Monitorindonesia.com, berikut data tiga orang korban yang sedang dilakukan pencarian oleh petugas gabungan;

1. Gunawan dusun Sukorejo RT 01/RW 02 Desa Bumirejo Kec. Kesamben Kab. Blitar (pemilik kandang ayam)

2. Jarianto dusun Sukorejo RT 01/RW 02 Desa Bumirejo Kec. Kesamben Kab. Blitar

3. Mugiono dusun Sukorejo RT 04/RW 01 Desa Bumirejo Kec. Kesamben Kab. Blitar.

(JK)