DPUBM Kabupaten Malang Kerjakan Pengaspalan Jalan di Desa Sepanjang

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 11 Juli 2024 16:29 WIB
Kondisi jalan di Desa Sepanjang Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang Usai dilakukan Pengaspalan. (Foto: MI/Rina Sugeng Yuliani)
Kondisi jalan di Desa Sepanjang Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang Usai dilakukan Pengaspalan. (Foto: MI/Rina Sugeng Yuliani)

Kabupaten Malang, MI - Warga Desa Sepanjang Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang bisa merasakan manfaatnya untuk melangsungkan aktivitas dalam sehari-hari.

Ini dampak dari pengaspalan jalan yang sudah dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang.

Selama ini warga selalu berhadapan dengan jalan rusak dan berlubang, dikarenakan beban kendaraan yang melampaui batas kekuatan jalan.

Pengaspalan jalan di wilayah Desa Sepanjang, proses pengerjaan yang dilakukan oleh DPUBM Kabupaten Malang terbilang cukup cepat.

Hal ini disampaikan oleh Khairul Isnaidi Kusuma selaku Kepala DPUBM Kabupaten Malang mengatakan, tindakan DPUBM Kabupaten Malang merespon keluhan masyarakat di wilayah Desa Sepanjang Kecamatan Gondanglegi, agar segera ditangani. 

“Penanganan DPUBM Kabupaten Malang cukup membuat warga senang. Dimana, sebenarnya cukup lama juga keluhan warga kepada kami ditingkat kecamatan Gondanglegi atas jalan rusak ini,” ungkapnya, Kamis, (11/7). 

Menurut Khairul bahwa kondisi jalan saat ini sudah mulus kembali, DPUBM Kabupaten Malang melakukan perbaikan jalan tersebut bertujuan agar bisa memberikan kenyamanan bagi pengendara kendaraan bermotor dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. 

“Dari hasil survey yang dilakukan DPUBM Kabupaten Malang dari ujung Jalan Desa Sepanjang sampai dengan jalan di Desa Talangsuko. Sebagian sudah diperbaiki. Ada juga yang baru dilakukan pengecoran. Kami menyadari dengan luasnya wilayah Kabupaten Malang, keadaan jalan rusak di wilayah tersebut kami baru bisa perbaiki sebagian saja. Pada prinsipnya pihak DPUBM Kabupaten Malang akan berupaya terus untuk melakukan perbaikan infrastruktur jalan,” ujarnya.

Selain jalan di Desa Sepanjang, jalan di wilayah Kecamatan Turen juga ada yang rusak dan perlu dibenahi diantaranya, jalan raya Desa Jeru Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Sebab jalan raya tersebut sebagai jalan penghubung antara wilayah Kecamatan Gondanglegi ke perbatasan Kecamatan Turen.

“Sudah banyak yang dibenahi, tapi yang kondisinya masih layak tidak perlu kami perbaiki. Pihak DPUBM Kabupaten Malang, tidak bisa serta merta melakukan perbaikan jalan rusak. Terutama terkait luas wilayah Kabupaten Malang yang cukup luas. Karena kami juga harus mengukur kemampuan anggaran untuk mengcover perbaikan infrastruktur jalan diwilayah Kabupaten Malang,” paparnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa beberapa kebijakan terkait alih status jalan di berbagai wilayah.

"Dari status jalan kabupaten menjadi jalan provinsi, masih dalam proses. Dalam hal ini juga yang membuat lama untuk melakukan perbaikan. Kita menunggu kepastian adanya perubahan status jalan,” pungkasnya. (ADV/Rina Sugeng Yuliani)