3rd BEN Carnival, Pemkot Blitar Sajikan Hiburan Budaya Nusantara dan Empat Benua

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 14 Juli 2024 02:55 WIB
Pembukaan 3rd BEN Carnival 2024 Kota Blitar oleh Wali Kota Blitar bersama Perwakilan Sekretaris Kabinat, Kemenparekraf, Duta Besar, Pemprov Jatim, Wali Kota anggota APEKSI Komwil IV dan Forkopimda Kota/Kabupaten Blitar. (Foto: Dok MI/JK)
Pembukaan 3rd BEN Carnival 2024 Kota Blitar oleh Wali Kota Blitar bersama Perwakilan Sekretaris Kabinat, Kemenparekraf, Duta Besar, Pemprov Jatim, Wali Kota anggota APEKSI Komwil IV dan Forkopimda Kota/Kabupaten Blitar. (Foto: Dok MI/JK)

Blitar, MI - Blitar Ethnic National (BEN) Carnival 2024 Kota Blitar berlangsung sukses dan meriah, dengan hadirnya perwakilan dari Sekretaris Kabinet, Kemenparekraf dan duta besar beberapa negara. Termasuk kepala daerah, bupati dan wali kota anggota APEKSI Komwil IV.

Agenda kegiatan Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar sudah untuk ke tiga kalinya dengan menghadirkan berbagai budaya-budaya Indonesia yang divisualisasikan dengan tarian-tarian hingga ceritera pendek dengan balutan busana khas nusantara, Sabtu (13/7/2024).

Sepanjang Jalan A. Yani sisi barat hingga Jalan Merdeka perempatan Toko Ijo disterilkan untuk kepentingan penampilan peserta BEN Carnival. Warga Blitar dan sekitarnya nampak antusias menyaksikan acara ini. 

Walikota Blitar Santoso menyampaikan, BEN Carnival ini diharapkan bisa masuk dalam Karisma Event Nusantara. Syarat bisa masuk event itu, menurut Santoso setiap daerah minimal harus menampilkan selama tiga kali event berturut-turut. 

"Hari ini alhamdulillah agak istimewa karena dari seluruh peserta APEKSI yang Muskorwil ke- 4 dari 13 daerah di Indonesia bisa hadir," kata Santoso. 

"Acara ini menjadi puncak dalam rangka memperkenalkan kepada masyarakat Blitar Raya tentang berbagai budaya nusantara agar mereka tahu bahwa Indonesia itu kaya dengan berbagai budaya. Sekaligus ini implementasi Tri Sakti dari Bung Karno, Indonesia berkepribadian dalam budaya," jelasnya.

Santoso turut mengapresiasi dukungan dari Kemenparekraf terhadap acara BEN Carnival. Bahkan, semangat go internasional dari BEN Carnival ini juga ia gelorakan agar budaya Indonesia semakin mendunia.

"Ada empat benua etnik budayanya  dihadirkan dan ditampilkan di BEN Carnival tahun ini," tukasnya. 

Sementara itu Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Yuli Harsono yang hadir mewakili Sekretaris Kabinet, Pramono Anung menyampaikan apresiasi terhadap even BEN Carnival 2024 di Kota Blitar.

Yuli mengatakan event BEN Carnival yang sudah digelar selama tiga tahun di Kota Blitar ini, merupakan bentuk upaya melestarikan kebudayaan di Indonesia.

“Event ini juga bagian mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Blitar, serta jadi wahana promosi budaya untuk meningkatkan citra Indonesia khususnya Kota Blitar ke dunia internasional,” katanya.

Dikatakannya, BEN Carnival telah menjadi ikon Kota Blitar. Ia berharap, event BEN Carnival yang menampilkan keberagaman budaya bisa menjaga persatuan dan kesatuan di Indonesia.

“Event ini juga bisa menjadi contoh bagi pemerintah daerah lain untuk melestarikan seni dan kebudayaan di Nusantara,” pungkasnya sambil secara resmi membuka 3rd BEN Carnival 2024 Kota Blitar.

Ditandai dengan pemukulan alat musik dan kendang sentul oleh Wali Kota Blitar, bersama Duta Besar Negara undangan, Wali Kota anggota APEKSI Komwil IV dan pemukulan gong oleh perwakilan Sekretaris Kabinet. (JK/ADV)