Pencari Rumput Meningal Akibat Tenggelam di Muara Pantai Jebring Blitar

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 28 Juli 2024 3 jam yang lalu
Petugas mengevakuasi remaja yang tenggelam di muara Sungai Pantai Jebring. (Foto: Antara)
Petugas mengevakuasi remaja yang tenggelam di muara Sungai Pantai Jebring. (Foto: Antara)

Bitar, MI - Seorang pencari rumput, Aditya Pratama Putra (16), warga Dusun Krajan, Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, tewas tenggelam saat berenang melewati muara Sungai Pantai Jebring Desa Ngadipuro.  

"Korban ditemukan oleh nelayan setempat," ujar Kasi Humas Polres Blitar Iptu Heri Irianto di Blitar, di kutip pada Minggu (28/7/2024).

Ia menjelaskan, korban berangkat mencari rumput untuk pakan ternak kambing di sekitar muara sungai Pantai Jebring Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Blitar bersama rekannya, Alfirli (16), warga Desa Tambakrejo, Kabupaten Blitar.

Alfirli berenang melewati sungai untuk mengambil sampan atau perahu rakit yang akan digunakan untuk menyeberangi sungai, namun korban tidak sabar menunggu.

Ia melanjutkan, korban yang tidak sabar itu akhirnya berenang sendiri menuju sampan atau perahu rakit tersebut. Namun, saat mulai berenang ke tengah tiba tiba korban tenggelam.

Alfirli, kemudian berusaha menolong korban. Namun, gagal hingga kemudian meminta pertolongan dengan memberitahu kejadian tersebut kepada kakek korban, Paijan.

Selain itu, kejadian itu dilaporkan ke perangkat desa anggota Poskamladu Tambakrejo, Kabupaten Blitar untuk meminta bantuan. Mereka kemudian ke lokasi tempat korban tenggelam.

Saat itu, petugas dibantu nelayan di lokasi kejadian. Korban akhirnya ditemukan, namun sudah meninggal dunia.

"Pada saat petugas datang ke TKP (tempat kejadian perkara), korban masih tenggelam dan pencarian korban dengan cara penyelaman oleh nelayan. Akhirnya korban diketemukan dan dinyatakan meninggal oleh petugas medis," ucapnya.

Keluarga, menerima atas meninggalnya korban sebagai musibah. Keluarga juga tidak berkenan dilakukan autopsi.

Mereka kemudian segera memandikan dan memakamkan jenazah korban di lokasi pemakaman daerah itu.

Pihaknya juga mengimbau kepada warga untuk berhati-hati, terlebih lagi saat berenang dengan memastikan bisa berenang.

Jika dirasa mengkhawatirkan, diimbau untuk menggunakan perahu jika ingin menyeberangi muara sungai.