Gelar Rapat Paripurna Istimewa, Ketua DPRD Kabupaten Blitar: Transisi Besar Demi Kemajuan Bangsa

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 17 Agustus 2024 13 jam yang lalu
Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto, didampingi wakil ketua M Rifa'i, wakil ketua Mujib menyampaikan keterangan pers (Foto: Dok MI/Joko Prasetyo)
Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto, didampingi wakil ketua M Rifa'i, wakil ketua Mujib menyampaikan keterangan pers (Foto: Dok MI/Joko Prasetyo)

Blitar, MI - Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Blitar dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2024.

Rapat tersebut diselenggarakan di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, pada Jumat (16/8/2024). Dan dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto didampingi Wakil Ketua Muhammad Rifa’i, Susi Narulita, Mujib. 

Turut hadir Bupati Blitar Rini Syarifah, Sekda Kabupaten Blitar, jajaran Forkopimda, kepala OPD, Camat, anggota DPRD Kabupaten Blitar dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam keterangan persnya, Suwito menekankan pentingnya menjaga semangat kebersamaan dan persatuan untuk melanjutkan cita-cita proklamasi kemerdekaan, yaitu mewujudkan keadilan sosial dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Ia juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momentum HUT RI Ke 79 ini sebagai batu loncatan untuk mengisi kemerdekaan dengan semangat membangun dan gotong royong.

“HUT ke-79 RI ini dipandang sebagai waktu yang tepat untuk memulai transisi besar demi kemajuan bangsa. Semoga dengan kehadiran dalam rapat paripurna istimewa ini menjadikan makna yang cukup mendalam sebagai suatu pendorong dalam rangka menjalin kebersamaan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia,“ ujarnya.

Suwito juga menyampaikan bahwa HUT ke-79 RI dengan tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Memiliki makna penting karena bertepatan dengan tiga momen besar, yaitu menyongsong Ibu Kota Baru, pergantian Presiden, dan menuju Indonesia Emas 2045. 

“Untuk merealisasikan serta mengimplementasikan tema tersebut, kiranya perlu dilandasi kerja keras dan secara sungguh-sungguh oleh seluruh komponen bangsa, baik yang ada dipusat maupun yang ada di daerah. Pemerintah Kabupaten Blitar telah berupaya mewujudkan semaksimal mungkin melalui langka-langkah dan APBD yang setiap tahunnya lebih banyak berpihak kepada kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Ketua DPRD Suwito juga mengajak masyarakat Kabupaten Blitar untuk bersama-sama meningkatkan persatuan dan kesatuan serta kebersamaan guna membangun Kabupaten Blitar ke depan yang lebih baik melalui semangat pengabdian dan gotong royong.

“HUT ke-79 RI ini dipandang sebagai waktu yang tepat untuk memulai transisi besar demi kemajuan bangsa. Dan atas nama Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Blitar serta seluruh masyarakat mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan Dirgahayu Republik Indonesia,” pungkasnya. (Joko Prasetyo/ADV)