Pembukaan Asian Para Games, Kontingen Indonesia Tampil Beda

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 23 Oktober 2023 10:37 WIB
Atlet Indonesia Dalam Asian Para Games ( Foto : SETKAB RI)
Atlet Indonesia Dalam Asian Para Games ( Foto : SETKAB RI)

Jakarta, MI - Selama upacara pembukaan Asian Para Games (AiPG) 2022 di Hangzhou Olympic Sports Centre Stadium di Hangzhou, China, Minggu (22/10) malam WIB, Kontingen Indonesia menunjukkan kekayaan budaya Nusantara dengan berpartisipasi dalam defile atau parade atlet.

Para atlet Kontingen Indonesia memakai berbagai busana adat yang mewakili berbagai budaya Nusantara selama sesi defile.

Riadi Saputra dan Dwiska Maharani sebagai pembawa bendera, masing-masing mengenakan busana adat Kalimantan dan Sumatera.

Seragam jaket Kontingen Indonesia memiliki warna merah dan putih dan motif mega mendung di bagian depan. Di bagian dada kanan, empat motif mega mendung melambangkan "Saka Guru", tonggak penyangga harapan atlet Indonesia untuk tetap kukuh.

Agar atlet dapat berpikir dengan jelas, dada sebelah kiri mereka memiliki motif mega mendung.

Jaket ini juga memiliki motif songket Sumatera, dan benang perak dengan motif bintang berantai pada lengan, yang merupakan simbol kemenangan dan kemajuan yang cepat.

Pada bagian punggung terdapat peta Indonesia, yang menunjukkan keragaman budaya dan luasnya wilayah.

Pada 16 Oktober 2023, delegasi Indonesia tiba di Hangzhou. Asian Para Games 2023 berlangsung hingga 28 Oktober mendatang.

Mereka berharap untuk mendapatkan 19 medali emas, 23 perak, dan 25 perunggu dalam 12 cabang olahraga—bulutangkis, renang, catur, balap sepeda, panahan, menembak, boccia, lawn bowls, angkat berat, judo tunanetra, tenis meja, dan atletik—dengan target untuk finish di 10 besar.

(Ran)