Kualifikasi MotoGP Thailand, Jorge Martin Raih Pole Position

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 28 Oktober 2023 15:57 WIB
Pembalap Tim Pramac Ducati, Jorge Martin (Foto: Reuters)
Pembalap Tim Pramac Ducati, Jorge Martin (Foto: Reuters)

Jakarta, MI - Kualifikasi MotoGP Thailand 2023 telah selesai,hasilnya  pembalap Tim Pramac Ducati Jorge Martin menjadi yang tercepat dan berhak atas pole position. Martin mencatatkan waktu 1 menit 29,287 detik di Sirkuit Buriram, Thailand, pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023, pagi WIB.

Sementara itu, Luca Marini (Mooney VR46) berada di posisi kedua, dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing) berada di posisi ketiga. Namun, Marc Marquez (Repsol Honda) menempati peringkat kedelapan dalam 10 besar, dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) berada di peringkat keenam.

Dilansir Reuters(28/10),dua pembalap Gresini Ducati, Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio, memulai sesi kualifikasi bagian pertama dengan sangat baik. Mereka berada di posisi pertama dengan catatan waktu tercepat sebesar 1 menit 30,146 detik.

Setelah itu, Alex Marquez mempercepat waktunya menjadi satu menit 29,892 detik. Karena Marc Marquez (Repsol Honda) sukses merangsek ke posisi dua dengan hanya terpaut 0,166 detik dari adiknya, sang kakak tidak mau kalah. Pol Espargaro kemudian mengikuti keduanya di urutan tiga.

Pada sesi akhir semester pertama, Marc Marquez secara mengejutkan melengserkan adiknya dari posisi pertama. Namun, Alex Marquez kembali ke posisi pertama dengan waktu 1 menit 29,743 detik, sedangkan Marc Marquez mencatat waktu 1 menit 30,437 detik.

Pada akhirnya, kakak beradik ini berhasil finis kedua teratas di sesi pertama. Ini membuat Alex Marquez dan Marc Marquez melaju ke sesi kualifikasi kedua (Q2) untuk bersaing untuk pole position dengan dua belas pembalap lainnya.

Di sesi kedua, ada persaingan sengit. Marco Bezzecchi (Mooney VR46) sempat menjadi yang tercepat. Namun, Jorge Martin dari Pramac Racing berhasil memecahkan rekornya dengan catatan 1 menit 29,491 detik.(Ran)