Ganjar Ikut Lomba Lari di Ancol

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 29 Oktober 2023 23:45 WIB
Bacapres Ganjar Pranowo Ikut Lomba Lari di Ancol ( Foto : Instagram @KagamaDKI)
Bacapres Ganjar Pranowo Ikut Lomba Lari di Ancol ( Foto : Instagram @KagamaDKI)

Jakarta, MI - Minggu (29/10), Ganjar Pranowo, kandidat presiden 2024, menghabiskan akhir pekan dengan berolahraga bersama Siti Atikoh Supriyanti. Bacapres ini juga melakukan lari keliling Ancol bersama dengan Kagama, Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada. Ini membuat kesempatan ini unik dari yang lain.

Sekitar pukul 05.30 WIB, Ganjar dan Atikoh langsung bergabung dengan ratusan pelari yang berasal dari luar Kagama Pengda DKI Jakarta.

Pelari komunitas dan masyarakat umum juga mengikuti acara tersebut. Ganjar melepas pelari di SegeRun Kagama DKI Jakarta Fun Run 5K pada pukul 06.00 WIB, dan Atikoh ikut dalam rombongan pelari yang dilepas oleh sang suami.

Menurut rilis resmi kepada media, pada hari Minggu (29/10), Ganjar mengatakan, "Ini kawan-kawan selalu menjaga kesehatan, hari ini mengajak temen-temen Kagama DKI, masyarakat umum untuk berlari 5 kilo kita keliling di Ancol."

Antusiasme para peserta sangat terlihat. Ada yang membawa keluarganya, dan ada pula yang sengaja mengenakan kostum unik, seperti barbie, kostum superhero, atau kostum yang dibuat dari bahan-bahan yang dapat digunakan kembali. Meskipun jarak yang relatif pendek, acara tersebut juga diikuti oleh pelari profesional. Bahkan orang tercepat dapat menyelesaikan rute lari 5K keliling Ancol dalam waktu kurang dari 16 menit.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menjelaskan, "Ini adalah spirit kita menjaga kesehatan dan memberikan ruang bagi mereka yang punya hobi, punya prestasi untuk bisa berlari." Selain itu, Ganjar menyatakan bahwa dia senang karena para peserta menyambut acara ini dengan antusias. Dia ingin aktivitas seperti itu terus dilakukan, seperti berlari dan berlibur.

Bacapres berusia 55 tahun itu menyatakan, "Ada olahraga dan pariwisata, mudah-mudahan membuat orang sehat dan bahagia."

Ummar senang bisa ikut berlari. Untuk acara itu, para pelari dari komunitas Thunderlight Jakarta bahkan secara khusus mengenakan pakaian yang didaur ulang.

Ummar mengatakan, "Saya peserta umum dari komunitas, dan temanya fun run membuat saya terinspirasi."

Menurut Ummar, selain menghibur, pemilihan kostum daur ulang juga sesuai dengan Kagama, penyelenggara acara. "Makanya di sini saya ngambil tema recycle ini biar temen-temen yang lain makin peduli dengan sampah," katanya, mengingat reputasi UGM sebagai kampus yang peduli lingkungan.

Selain itu, Ummar tidak akan pernah melupakan acara lari kali ini karena dia sempat berlari bersama Ganjar sebelum mencapai finish, dan dia senang karena Ganjar merespons dengan baik, bahkan menyemangatinya.

 Setelah bertemu dengan (Ganjar) dan bahkan dekat dengan kita, tanggapannya sangat antusias, bahkan berteriak untuk memberikan semangat. Akhir kata, dia mengucapkan terima kasih kepada Pak Ganjar.(Ran)