Piala Dunia U-17: Garuda Muda Tahan Panama 1-1

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 13 November 2023 22:21 WIB
Pertandingan Indonesia vs Panama (Foto: Antara)
Pertandingan Indonesia vs Panama (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Timnas Indonesia U-17 mengimbangi Panama dalam pertandingan Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (13/11). Walau sempat tertinggal, Garuda Muda mampu memetik poin dengan memaksa lawan bermain 1-1.

Indonesia mengenakan seragam merah dengan Panama memakai jersey putih. Rade Obrenovic dari Slovenia bertindak sebagai wasit.

Indonesia nyaris bikin gol bunuh diri di menit ke-14. Sebuah akselerasi pemain Panama dari sayap kanan diakhiri dengan tendangan mendatar di depan gawang.

Iqbal Gwijangge sukses memotong umpan tersebut namun bola meluncur tipis di sisi gawang Indonesia. Gawang Indonesia selamat dari kebobolan!

Pemain kedua tim terus bertarung di lapangan Gelora Bung Tomo. Sengitnya pertarungan memaksa pemain melakukan pelanggaran. Kali ini striker Indonesia Arkhan Kaka yang mendapat peringatan wasit.

Pada babak pertama Panama unggul 1-0 atas Indonesia lewat gol Oldemar Castillo di menit ke 40+3. Berawal dari kesalahan operan Iqbal Gwijangge yang terlalu lemah, Castillo mencuri bola.Castillo melewati empat pemain Indonesia sebelum mengecoh Ikram dengan tendangan cungkil.

Berbeda dengan babak pertama, Indonesia langsung menekan Panama sejak awal babak kedua.

Usaha Indonesia mencetak gol balasan tercipta pada menit ke-54. Bermula dari tendangan bebas dari sisi kiri, bola kemudian dibuang pemain Panama dengan sempurna.

Welber Jardim yang mendapat bola liar langsung melepaskan umpan silang ke kotak penalti dari sisi kanan. Umpan Jardim disambut Arkhan Kaka dengan sundulan tanpa bisa diantisipasi kiper Manuel Romero.

Gol tersebut membuat Indonesia bersemangat. Panama pun merespon dengan pertandingan menjadi lebih terbuka. Dalam situasi ini, Bima Sakti menurunkan Achmad Zidan dan Hanif Ramadhan. Mereka menggantikan Ji Da Bin dan Figo Dennis.

Pertandingan menyisakan 10 menit. Iqbal Gwijangge hampir menebus dosa di babak pertama dengan mencetak gol. Usai kemelut di kotak penalti lawan, dia melepas tendangan yang membuat Romero pontang panting.

Panama membalas. Hector Rias menyambut sepak pojok. Beruntung bagi Indonesia, usahanya masih mengenai mistar gawang. Panama kembali mendapat peluang lewat situasi serupa tidak lama berselang. Kali ini upaya mereka belum tepat sasaran.

Indonesia mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol pda menit ke-90+4. Mendapat bola di dalam kotak penalti, Hanif Ramadan mencoba melepaskan tembakan namun masih bisa ditangkap kiper Panama.

Wasit memberikan tambahan waktu delapan menit di masa injury time. Indonesia vs Panama masih berlangsung sengit dan terus mencoba untuk mencetak gol kemenangan. Namun tidak ada  gol tercipta lagi pada akhirnya. Sehingga Indonesia dan Panama harus puas bermain imbang.(Ran)