Ternyata Ini Alasan Honda Rekrut Adik Valentino Rossi

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 2 Desember 2023 04:16 WIB
Luca Marini (Foto: Repsol Honda)
Luca Marini (Foto: Repsol Honda)

Jakarta, MI - Luca Marini saat ini sudah resmi berseragam Repsol Honda, dan Alberto Puig, bos Repsol Honda, mengungkapkan alasan di balik perekrutan adik Valentino Rossi itu.

Di penghujung musim balap 2023, pebalap Luca Marini dari Mooney VR46 Racing memutuskan untuk bergabung dengan Repsol Honda. Marini mengambil alih posisi Marc Marquez yang hilang. Marini dikontrak ke tim utama Honda untuk mendampingi Joan Mir, menurut Alberto Puig, manajer tim Repsol Honda dikutip MotoGP official.

"Dia dan orang-orangnya yang pertama menghubungi kami saat berita soal Marquez keluar. Kami memulainya dari situ karena sejujurnya tidak banyak opsi lantaran hampir semua pebalap memiliki kontrak jangka panjang dan dia yang paling memungkinkan," beber Puig.

"Kami memikirkan soal itu dan perkembangan dia dalam beberapa tahun sangat baik, kami mempelajari perkembangannya dan kami berpikir untuk membawanya bergabung dengan tim akan menjadi opsi bagus mengingat situasi kami," tambahnya lagi.

Menurut Puig, Marini masih sangat muda dan juga punya kesempatan untuk meraih lebih banyak pengalaman lagi di MotoGP. Di sisi lain, Puig menyebut motor Honda cukup sulit ditaklukkan tapi sekarang tampaknya bisa cocok dengan adik Valentino Rossi itu.

"Dia memang bukan yang termuda, tapi pengalamannya akan penting dalam pengembangan motor. Titik mulai kami sekarang adalah motor dan cara mengembangkannya dengan tim baru," jelas Puig.

"Jelas pebalap harus memberikan masukan untuk mengetahui apakah pengembangannya berjalan dengan baik. Ini adalah kombinasi bukan hanya pebalapnya atau motornya," tutup Puig.

Puig menyatakan bahwa motor yang digunakan Marini sangat berbeda dengan yang pernah dijajal Marquez selama tes di Misano baru-baru ini. Dia percaya, bahwa masukan dari mantan pembalap Ducati akan sangat membantu perkembangan Honda di masa depan. (Ran)