Usai Tekuk Slovakia 2-0, Belgia Kembali Bernapas di Euro 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 23 Juni 2024 08:20 WIB
Pemain Timnas Belgia (Foto: Antara/AFP)
Pemain Timnas Belgia (Foto: Antara/AFP)

Jakarta, MI - Timnas Belgia kembali "bernapas" di Euro atau Piala Eropa 2024 setelah meraih kemenangan perdananya pada laga kedua Grup E dengan skor 2-0 atas Rumania di Stadion RheinEnergie, Cologne, Minggu dini hari WIB.

Dua gol Belgia dicetak oleh Youri Tielemans pada menit ke-2 dan Kevin De Bruyne pada menit ke-80.

Belgia yang membutuhkan kemenangan setelah kalah 0-1 dari Slovakia pada laga perdana, mengendalikan. tempo permainan sejak awal.

Sang pelatih Dominico Tedesco membuat beberapa perubahan pada 11 pertamanya dibanding saat kalah 0-1 dari Slovakia pada laga perdana, salah satunya memainkan Tielemans sejak awal di posisi gelandang menggantikan Orel Mangala.

Hasilnya, gelandang milik Aston Villa itu menjawab pilihan sang pelatih dengan membuka keunggulan untuk Reds Devils pada menit-menit awal.

Kemudian pada menit ke-80 Belgia mebuka gol kedua mereka. Berawal dari tendangan Casteels dari garis pertahanan, bola lambungnya menemui De Bruyne yang berhadapan dengan Dragusin sebagai orang terakhir sebelum kiper.

Pemain Manchester City itu pun memenangi duelnya dengan Dragusin sebelum menaklukkan Nita untuk kedua kalinya dan membawa Belgia unggul 2-0 yang bertahan hingga akhir laga.

Kemenangan Belgia ini membuat semua tim di Grup E memiliki tiga poin sehingga penentuan siapa yang akan lolos ke fase gugur ditentukan pada laga terakhir.

Belgia yang menyodok ke posisi pertama klasemen sementara akan melawan Ukraina pada partai pamungkas, Rabu (26/6) pukul 23.00 WIB di Mercedes-Benz Arena, Berlin.

Sementara untuk Rumania yang berada di posisi kedua melawan Slovakia di Deutsche Bank Park, Frankfurt pada waktu yang sama.