Leclerc: Kami banyak mengalami kesulitan, di Kualifikasi GP Spanyol

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 23 Juni 2024 11:07 WIB
Pembalap Ferrari asal Monegasque Charles Leclerc berkompetisi pada sesi kualifikasi Grand Prix Formula Satu. (Foto: Antara)
Pembalap Ferrari asal Monegasque Charles Leclerc berkompetisi pada sesi kualifikasi Grand Prix Formula Satu. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Dua pembalap Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz mengaku terkejut dan kecewa dengan penampilan mereka pada kualifikasi Grand Prix Spanyol di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Sabtu (22/6/2024).

Setelah menempati posisi pertama dan ketiga pada sesi latihan terakhir, Leclerc dan Sainz harus puas dengan P5 dan P6 di sesi penentuan grid, dengan Lando Norris (McLaren), Max Verstappen (Red Bull), dan Lewis Hamilton serta George Russell (Mercedes) berada di barisan terdepan.

“Kami banyak mengalami kesulitan. Di satu sisi, kami melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam hal pengaturan mobil, dari awal hingga jelang kualifikasi,” ujar Leclerc, dikutip dari laman resmi Formula 1, Minggu.

“Namun, di sisi lain, saya juga sangat kecewa dengan hari ini. Performa kami tidak sesuai (ekspektasi) dan kami terlalu jauh dari posisi terdepan yang kami targetkan,” ucapnya.

Meski demikian, pemenang Grand Prix Monako 2024 itu mengatakan dirinya tetap optimistis untuk menatap balapan utama yang akan bergulir malam ini pukul 20.00 WIB. “Kami akan mencoba memaksimalkan poin kami, dan kemudian setelah akhir pekan ini berakhir, kami mencoba untuk memahami mengapa kami bisa terpaut jauh dari apa yang kami pikirkan untuk meraih pole,” ujar Leclerc.

Di sisi lain, Sainz, yang hanya terpaut tipis dari rekan satu timnya di kualifikasi, mengatakan ia juga merasakan hal yang sama saat ia tampil di hadapan publik sendiri. “Jelas saya merasa kecewa. Kami menjalani sesi latihan yang kuat dan kami berharap bisa bersaing untuk memperebutkan posisi terdepan. Namun, di Q2, ketika Red Bull dan McLaren meningkatkan performa, kami tidak memiliki kecepatan (yang diperlukan),” ungkapnya.

Mengenai peluang untuk meraih podium tertinggi pada balapan utama dengan 66 lap nanti, Sainz mengatakan bahwa kuncinya akan terletak pada start yang kuat. “Kami hanya perlu memastikan bahwa kami mendapatkan awal yang baik dan berada di posisi yang baik juga,”  tuturnya.

“Memulai dari P6 di Barcelona pastinya akan membuat (perjuangan) meraih podium menjadi tidak mudah. Namun, dengan dukungan penonton dan saya yang menjalani akhir pekan dengan solid, saya kira, kami bisa mencapainya,” ujarnya. (AM)