Ketum PBVSI: Persiapan Timnas Voli Indonesia Sudah 95 Persen Jelang AVC U-20

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 17 Juli 2024 2 jam yang lalu
Ketua Umum Pengurus Pusat PBVSI (PP PBVSI) Komjen Pol. (P) Imam Sudjarwo. (Foto: Antara)
Ketua Umum Pengurus Pusat PBVSI (PP PBVSI) Komjen Pol. (P) Imam Sudjarwo. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Ketua Umum Pengurus Pusat PBVSI (PP PBVSI) Komjen Pol (Purn) Imam Sudjarwo menyebut persiapan tim nasional voli putra Indonesia U-20 sudah capai 95 persen jelang pergelaran AVC U-20 2024 atau Kejuaraan Bola Voli Asia Putra U-20 ke-22 (22nd Asian Men's Volleyball Champions).

AVC U-20 2024 akan berlangsung di Jawa Pos Arena dan Gelora Pancasila, Surabaya dengan diikuti oleh 16 kontestan di antaranya Indonesia, Hong Kong, Saudi Arabia, Australia, Iran, Qatar, Tiongkok, Taiwan, Jepang, India, Bahrain, Kuwait, Thailand, Vietnam, Korea Selatan dan Kazakhstan.

"Ya untuk AVC ini persiapan kami sudah 95 persen. Bahkan sudah setengah bulan yang lalu tim Garuda Jaya menjalani pemusatan latihan di Surabaya untuk latihan biar lebih efektif dan efisien di sana mendekati turnamen," ujar Imam Sudjarwo kepada pewarta, Rabu (17/7/2024).

"Jadi persiapan kita memang sudah sangat cukup ya. Sebelumnya saja sudah menghadapi lawan tanding yang berat-berat, senior-seniornya yang berat (di Proliga 2024). Bahkan di situ ada lawan tandingnya dari pemain-pemain asing," imbuhnya.

Indonesia yang berintikan pemain-pemain dari tim Proliga, Jakarta Garuda Jaya, berada satu pul dengan Hong Kong, Saudi Arabia, dan Australia di Pul A.

Sedangkan negara peserta lainnya, terdiri dari juara bertahan Iran, Qatar, Tiongkok, dan Taiwan di Pul B. Kemudian di Pul C diisi oleh Jepang, India, Bahrain, dan Kuwait. Sedangkan di Pul D ditempati Thailand, Vietnam, Korea Selatan, dan Kazakhstan.

Imam menyebut persiapan yang dilakukan tim Garuda Jaya selama mengikuti Proliga 2024 dinilai setara dengan latih tanding di luar negeri tapi lebih efisien secara waktu dan bisa merasakan atmosfer kompetisi profesional secara langsung.

Selain itu skuad Garuda juga telah dijajal untuk tampil di AVC Challenge Cup 2024 yang berlangsung di Bahrain, sehingga secara jam terbang mereka jauh mempunyai pengalaman.

"Mudah-mudahan dengan dukungan dari masyarakat Indonesia, kita bisa masuk empat besar karena target kita adalah empat besar untuk masuk di Piala Dunia Under-21 jadi target kita mudah-mudahan bisa tercapai," pungkasnya.

Berita Terkait