Bagnaia Percaya Diri Yakin Bisa Menang di GP Austria

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 18 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Pembalap Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia. (Foto: Antara)
Pembalap Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Setelah membukukan kemenangan balapan Sprint pada Sabtu (17/8), juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) mengaku yakin bisa menyempurnakannya melalui kemenangan balapan utama Grand Prix Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (18/8/2024).

Optimisme itu juga tidak lepas dari Bagnaia yang berhasil menyamakan jumlah poin klasemen sementara dengan rival terdekatnya yaitu Jorge Martin (Prima Pramac), dengan 250 poin terkumpul.

“Secara keseluruhan, itu adalah kemenangan (Sprint) yang fantastis dan saya sekarang memiliki banyak data untuk balapan utama nanti. Pasti tidak akan mudah, tapi saya saat ini merasa puas,” ujar Bagnaia, dikutip dari laman resmi Ducati.

BACA JUGA: Bagnaia: Kecelakaan di Sprint Silverston Begitu Memalukan

Mengenai jalannya balapan pendek tersebut, Bagnaia mengaku berusaha sekuat tenaga untuk memberikan Martin, yang merupakan polesitter, perlawanan yang maksimal dan menyulitkan.

“Saya tahu penting untuk memimpin sejak awal dan Jorge (Martin) mencoba segalanya untuk tetap di depan. Saya mencoba menyalipnya tetapi kemudian ia melebar. Begitu itu terjadi, saya memeriksa jarak dan saya melihat bahwa ia tertinggal 0,3 detik, yang berarti ia tidak kehilangan satu detik pun, jadi saya yakin ia kemungkinan besar akan menerima penalti long-lap,” jelasnya.

“Setelah itu, kunci penting selanjutnya adalah bagaimana saya bisa mengelola jarak di depan,” sambungnya.

Di sisi lain, rekan satu timnya, Enea Bastianini, finis di posisi keempat pada Sprint GP Austria. Bastianini mengaku ia terlalu agresif saat memulai balapan pendek tersebut.

BACA JUGA: MotoGP Austria: Peluang Bagnaia Kembali ke Puncak

“Saya memulai sedikit di belakang, jadi saya mencoba untuk memacu dengan keras sejak awal, tetapi saya akhirnya membuat kesalahan di tikungan pertama. Saya akhirnya melebar dan begitu saya bergabung kembali, saya turun ke posisi kesembilan,” ungkap Bastianini.

“Sejak saat itu, segalanya berjalan cukup baik dan performanya melampaui ekspektasi saya, karena perasaan saya jauh lebih baik daripada yang saya rasakan di sesi latihan dan kualifikasi, mengingat kurangnya kepercayaan diri saya sebelumnya dengan bagian depan,” pungkasnya.

BACA JUGA: Bagnaia Menangkan Sprint GP Austria

Meskipun tidak berhasil menyempurnakannya dengan podium, pembalap Italia itu mengaku cukup puas dengan hasil yang ia torehkan. “Saya sangat dekat dengan Aleix (Espargaro) di tahap akhir dan tanpa kesalahan itu, finis podium akan mungkin terjadi,” ucap Bastianini.

“Saya percaya diri untuk balapan utama dan saya yakin kami tidak akan banyak berubah. Pasti, ini akan menjadi balapan yang jauh lebih panjang, jadi mari kita lihat bagaimana hasilnya,” tandasnya.