Bahas Arah Pendidikan Nasional, Komisi X DPR Gelar Rapat dengan Para Eks Menteri Pendidikan

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 2 Juli 2024 11:08 WIB
Komisi X gelar RDPU dengan Para Eks Menteri Pendidikan (Foto: MI/Dhanis)
Komisi X gelar RDPU dengan Para Eks Menteri Pendidikan (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Komisi X DPR RI gelar rapat dengar pendapat umum (RDPU) panitia kerja (panja) pembiayaan pendidikan dengan tokoh masyarakat yang pernah menjabat sebagai menteri pendidikan. 

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf memimpin rapat panja tersebut di Ruang Rapat Komisi X DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (2/7/2024.

Adapun para tokoh yang hadir dalam RDPU panja pembiayaan pendidikan itu diantaranya adalah Mendikbud periode 2009-2014 Muhammad Nuh, Mendikbud periode 2016-2019 Muhadjir Effendy, dan Menristekdikti periode 2014-2019 Muhammad Nasir. 

Sementara Menteri Pendidikan periode 2004-2009 Bambang Sudibyo, dan Mendikbud periode 2014-2016 Anies Rasyid Baswedan berhalangan hadir. 

"Prof Bambang Sudibyo dan Anies Baswedan berhalangan hadir dan ada suratnya," kata Dede di Ruang Rapat Komisi X DPR. 

Sementara itu di meja pimpinan, Dede Yusuf didampingi Ketya Komisi X DPR RI Syaiful Huda dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih.

Adapun agenda yang dibahas dalam RDPU tersebut adalah pandangan terhadap arah kebijakan pendidikan nasional saat ini dan ke depan. Serta pandangan dan gagasan reformulasi anggaran fungsi pendidikan (alokasi sebarannya ke k/l).