Anies Yakin Jokowi Bersikap Netral di Pilpres 2024

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 24 Oktober 2023 20:53 WIB
Bacapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan
Bacapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan

Jakarta, MI - Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan, Anies Baswedan meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bersikap netral di Pilpres 2024. Meskipun putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.
  
"Beliau, kami yakin presiden akan bersikap netral, presiden akan menjaga agar kewibawaan proses demokrasi kita tetap tinggi dan keren kan kalau menang netral," kata Anies kepada wartawan di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta, Selasa (24/10).

Anies pun mengaku tak khawatir jika nantinya Gibran menggunakan fasilitas negara di Pilpres mendatang. Sebab, menurutnya, semua media dan masyarakat bisa mengawasi.

"Rasanya enggak (khawatir). semua media nonton, semua rakyat nonton, betul gak? Sekarang semua orang jadi reporter, bagaimana coba bisa menjaga semua yang sifatnya pelanggaran, takutnya apa? pemberitaan," ujar Anies.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan mendukung semua capres-cawapres yang akan maju di Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Jokowi saat dimintai jawaban oleh awak media atas pertanyaan Ketua DPP PDIP Puan Maharani soal dukungan di Pilpres mendatang. 

"Dukung semuanya untuk kebaikan negara ini," kata Jokowi usai acara Hari Santri 2023 di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10).