Puan: Presiden Jokowi Gak Pernah Minta 3 Periode

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 26 Oktober 2023 10:24 WIB
Ketua DPP PDI-Perjuangan, Puan Maharani [Foto: MI/Dhanis]
Ketua DPP PDI-Perjuangan, Puan Maharani [Foto: MI/Dhanis]

Jakarta, MI - Ketua DPP PDI-Perjuangan, Puan Maharani membantah soal isu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta perpanjangan masa jabatan Presiden menjadi tiga periode kepada Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Kata Puan, pernyataan tersebut tidak lah benar dan tidak mendasar. Presiden Jokowi tidak pernah meminta hal seperti itu kepada partainya. 

"Enggak, enggak pernah. Setahu saya enggak pernah beliau (Jokowi) meminta untuk perpanjangan tiga periode," katanya di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu (25/10).

"Jadi kalau kemudian ada perpanjangan itu, mekanismenya dari mana ? Kemudian seperti apa ? Waktu itu kan tidak ada mekanisme yang kemudian memungkinkan, untuk kita melakukan perpanjangan atau melakukan tiga periode," lanjutnya. 

Sebelumnya, politikus PDIP, Adian Napitupulu mengungkapkan penyebab awal renggangnya hubungan Jokowi dengan Megawati karena Jokowi meminta jabatan tiga periode sebagai Presiden yang hal itu ditolak secara tegas oleh PDIP. 

“Nah ketika kemudian ada permintaan tiga periode, kita tolak. Ini masalah konstitusi, ini masalah bangsa, ini masalah rakyat, yang harus kita tidak bisa setujui," kata Adian dalam keterangannya, Rabu (25/10). (DI)