DPR Desak Pemerintah Lakukan Pengawasan Ketat Destinasi Wisata

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 27 Oktober 2023 21:40 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani [Foto: MI/Dhanis]
Ketua DPR RI, Puan Maharani [Foto: MI/Dhanis]

Jakarta, MI - Ketua DPR RI Puan Maharani, turut menyoroti kecelakaan jembatan kaca The Geong Hutan Pinus Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, yang menewaskan seorang wisatawan, pada Rabu (25/10).

Atas kejadian nahas itu, Puan meminta kepada semua pengelola tempat wisata dan stakeholder terkait, untuk lebih memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan  kepada para pengunjung. 

"Saya menyampaikan keprihatinan serta dukacita bagi korban. Destinasi wisata harus memerhatikan unsur keselamatan dan keamanan masyarakat sebagai pengunjung," kata Puam kepada wartawan, Jumat (27/10). 

"Dan saya juga mendorong Pemerintah dan stakeholder terkait untuk melakukan pengawasan ketat terhadap destinasi wisata maupun pengelolanya sehingga semua fasilitas bagi pengunjung sudah sesuai standar," lanjut Puan.

Dijelaskan Puam, instansi pemerintah setempat harus rutin melakukan pengawasan, untuk menjamin keamanan para pengunjung wisata.

"Pemantauan secara berkala juga penting untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan," ujarnya. 

Wahana dengan tingkat resiko tinggi, lanjut Puan, harus diuji sesuai standar kelayakan keselamatan. Sebab, faktor accident tidak bisa disepelekan begitu saja.

"Apalagi untuk wahana yang memiliki risiko, uji kelayakan tidak boleh diabaikan. Kita tidak boleh main-main dengan faktor keselamatan dan keamanan," tegas Puan. (DI)