Siang Ini Presiden Joko Widodo Panggil 3 Capres ke Istana, Ada Apa?

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 30 Oktober 2023 10:35 WIB
Anies Baswedan (kiri), Ganjar Pranowo (tengah), Prabowo Subianto (kanan) [Foto: Doc. MI/Net]
Anies Baswedan (kiri), Ganjar Pranowo (tengah), Prabowo Subianto (kanan) [Foto: Doc. MI/Net]

Jakarta, MI - Presiden Joko Widodo dikabarkan akan memanggil tiga bakal calon presiden (bacapres) yaitu, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan, pada hari ini, Senin (30/10) sekitar pukul 11.30 WIB.
 
Hal itu, disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim. Ia mengatakan, bahwa bacapres akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo, tanpa bakal calon wakil presiden (bacawapres) 

"Tiga capres diundang ke Istana hari ini tanpa bakal calon wakil presiden (cawapres) pukul 11.30 WIB," kata Hermawi kepada wartawan di Jakarta, Senin (30/10).

Sebab, Joko Widodo pernah menuturkan bahwa, dirinya mendukung ketiga bakal capres tersebut demi kebaikan bangsa. 

"Nah siang ini ketiganya diundang ke Istana," ujarnya.

"Mungkin inilah wujud dukungan yang dimaksud," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.