Cak Imin Bakal Berikan Beasiswa Bagi Mahasiswa Ilmu Pertanian

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 6 November 2023 07:43 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Foto: Ist)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Bakal cawapres dari Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, berjanji bakal memberikan beasiswa kepada para pelajar ilmu pertanian, jika dirinya bersama Anies Baswedan memenangkan kontestasi Pilpres 2024. 

Hal itu disampaikan Cak Imin, saat mendatangi kelompok petani di Desa Prisen, Kecamatan Juiring, Klaten, Jawa Tengah, Minggu (5/11).

"Kita harus intensif untuk memperhatikan SDM pertanian dengan memberikan beasiswa untuk mereka yang belajar pertanian," kata Cak Imin usai bertemu kelompok petani. 

Beasiswa tersebut kata Cak Imin, memiliki syarat. Yakni, ketika lulus dari ilmu petanian maka, harus kembali ke desa untuk memajukan sektor pertanian di kampung halamannya.

"Tapi dengan syarat pulang kampung mengelola pertanian," jelas Cak Imin.

Sehingga dia menilai, akan melibatkan kementerian pendidikan dan kementerian pertanian, sebagai langkah untuk menghindari krisis pangan di masa depan, akibat sumber daya manusia yang semakin sedikit menginginkan menjadi petani. 

"Ya betul (libatkan kementerian terkait). Ini bisa krisis pangan kalau kita tidak mengambil langkah-langkah agar SDM yang bergerak menjadi petani ini kita beri perhatian. Suatu hari, rata-rata sudah mulai krisis tidak ada tenaga kerja di pertanian karena sudah bergeser ke industri," ungkap Cak Imin.

"Padahal kita butuh pangan, padahal Indonesia belum memiliki ketahanan pangan, swasembada pangan tidak punya," imbuhnya. (DI)