Kenang Hari Pahlawan, Puan Bicara Tentang Rakyat Miskin dan Keadilan Ekonomi

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 10 November 2023 15:23 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Foto: Ist)
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Ketua DPR RI Puan Maharani, mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjuang demi tumpah darah kemerdekaan Indonesia. Menurutnya, perjuangan para pahlawan itu dilakukan demi kemakmuran rakyat Indonesia.

"Peringatan Hari Pahlawan selalu membawa kita untuk merefleksikan tentang perjuangan para pahlawan terdahulu yang rela berkorban demi kemerdekaan bangsa. Perjuangan para pahlawan itu dilakukan demi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia," kata Puan kepada wartawan, Jumat (10/11).

Meski sudah lama merdeka, kata Puan, perjuangan rakyat sampai hari masih terus berlanjut. Bukan perjuangan melawan penjajah, melainkan perjuangan untuk memenuhi kehidupannya dan keluarganya hanya sekadar untuk makan. 

"Sampai saat ini, masih ada rakyat Indonesia yang harus berjuang bahkan hanya sekadar untuk memenuhi makannya sehari-hari. Kemakmuran yang diimpikan para pahlawan terdahulu, masih belum sepenuhnya tercapai," tutur Puan.

Menurut Puan, setelah 78 tahun merdeka, masih banyak rakyat Indonesia yang sampai detik ini tak merasakan adanya keadilan yang sesungguhnya. 

"Terutama dalam hal keadilan. Baik keadilan ekonomi, keadilan mendapat pemerataan pembangunan, keadilan akses pendidikan dan kesehatan, keadilan pada hukum, keadilan mendapat pekerjaan yang layak, sampai pada keadilan untuk mendapat kesetaraan, dan lain-lain," ucapnya.

Terkait keadilan dalam ekonomi, Puan menyebut masih banyak rakyat Indonesia yang berada dalam garis kemiskinan. Padahal, kata Puan, asas keadilan dalam ekonomi merupakan amanat dari Pancasila dan Undang-undang Dasar (UUD) 1945.

"Seharusnya kemajuan ekonomi Indonesia yang begitu pesat tidak boleh memunculkan ketimpangan dan kepincangan di masyarakat. Tapi masih banyak dari masyarakat kita yang berjuang sendiri demi keadilan ekonomi, khususnya di daerah-daerah terpencil," kata cucu Bung Karno itu.

Untuk itu, Puan mendorong pemerintah agar untuk memacu pertumbuhan perekonomian di daerah agar tidak terjadi ketimpangan sosial. 

"Program-program yang digagas pemerintah diharapkan bisa memacu pertumbuhan ekonomi di semua daerah demi terciptanya keadilan ekonomi dan mengikis ketimpangan sosial antara warga di perkotaan dan di pedesaan," ungkapnya. (DI)