Panja Netralitas TNI Dibentuk, Utut Adianto Didapuk Jadi Ketua

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 13 November 2023 18:26 WIB
Ketua Fraksi PDIP DPR RI, Utut Adianto (Foto: Ist)
Ketua Fraksi PDIP DPR RI, Utut Adianto (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Komisi I DPR RI telah membentuk panitia kerja (panja) Netralitas TNI, menjelang Pemilu serentak 2024. Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Utut Adianto didapuk menjadi ketua panja.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, mengatakan soal pembentukan panja merupakan langkah nyata DPR guna mengawasi sikap profesionalitas TNI di kontestasi pemilu 2024.

"Sudah dibentuk kemarin rapat internal tanggal 8 November, sudah dibentuk Panjanya. Dan kita sudah juga menetapkan ketuanya, nanti yang memimpin Pak Utut, beliau berkenan untuk memimpin dan tentu dibarengi oleh seluruh pimpinan dan juga anggota komisi I," ujar Meutya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (13/11). 

Meutya juga mengungkapkan, calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto setuju dengan pembentukan panja tersebut. Hal itu juga disetujui seluruh fraksi di Komisi I dan siap mengawal Panja Netralitas TNI.

"Beliau, sebelum fit and proper sudah menyatakan siap, seluruh fraksi juga menyatakan siap untuk mengawal, dan insyaallah ini menepis kekhawatiran semua," tandasnya

Sebelumnya, Utut pernah mengusulkan pembentukan Panitia Kerja pengawasan netralitas TNI menjelang Pemilu 2024. Hal itu kata Utut, untuk menjaga marwah DPR RI.

"Tetapi kalau memang berkenan untuk menjaga marwah DPR, buatlah Panja Netralitas TNI. Jadi kita sembari di tengah kesibukan kita sebagai caleg kita membuat pengawasan," terangnya (7/11). (DI)