Seluruh Pimpinan Parpol Pengusung Hadir Kawal Penetapan Nomor Urut Capres-Cawapres

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 14 November 2023 16:25 WIB
Ketua Divisi Teknis KPU, Idham Holik [Foto: Instagram/@idhamholik]
Ketua Divisi Teknis KPU, Idham Holik [Foto: Instagram/@idhamholik]

Jakarta, MI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melaksanakan pengundian untuk menetapkan, nomor urut calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024 di kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (14/11) sekitar pukul 18.30 WIB.

Ketua Divisi Teknis KPU, Idham Holik megatakan, seluruh pimpinan partai politik pengusung masing-masing capres dan cawapres, akan hadir dalam pengundian tersebut.

“Informasi yang sampai kepada kami sepertinya kehadiran pimpinan partai politik, yang mendaftar kan pasangan calon presiden dan wakil presiden sepertinya akan maksimal,” kata Idham kepada wartawan di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/11).

Sebelum melangsungkan penetapan nomor urut capres dan cawapres, lanjut Idham, pihaknya mengundang capres-cawapres maupun pimpinan partai pengusung, dalam gala dinner pukul 18.30 WIB.

“Bada Maghrib ataupun 18.30 WIB kami mengundang pasangan calon presiden dan juga wakil presiden, beserta pimpinan politik yang mengusulkan atau mendaftarkannya dalam kegiatan gala dinner nanti malam,” ujarnya.

Setelah gala dinner, barulah dilanjutkan dengan pengundian nomor urut melalui dua tahap yaitu, pertama pengambilan nomor urut oleh cawapres sesuai urutan pendaftaran ke KPU. 

Kedua pengambilan nomor urut capres-cawapres, untuk Pilpres 2024 sesuai urutan nomor yang diperoleh pada tahap pertama.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pasangan capres-cawapres, yang akan bertarung di Pilpres 2024. Pengesahan ini dilakukan KPU dalam rapat pleno tertutup, Senin (13/11).

Ketiga pasangan yang dinyatakan sah sebagai capres-cawapres di Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.