2.100 Aparat Gabungan Amankan Pengundian Nomor Urut Capres-Cawapres di KPU

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 14 November 2023 15:56 WIB
Polisi berjaga di depan KPU RI (Foto: MI/Dhanis)
Polisi berjaga di depan KPU RI (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Menjelang Pengundian nomor urut capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Selasa malam (14/11). Sebanyak 2.100 personel gabungan dikerahkan di seputaran kantor KPU RI, Jakarta Pusat. 

"Pengamanan insyaallah semua sudah di desain oleh polri, pengamannya pasti super aman.  Porli memiliki komitmen untuk mengamankan proses tahapan penyelenggaraan Pemilu, termasuk juga pengamanan melekat pada capres-cawapres," kata Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Kholik di Gedung KPU RI, Selasa (14/14).

Kata Idham, pihaknya juga sudah melakukan antisipasi jika terdapat aksi demonstrasi yang ditujukan kepada KPU. Menurutnya selama ini tak pernah ada masalah dalam pengamanan terkait hal tersebut. 

"Insyallah semuanya terantisipasi dengan baik dan kalo berkaitan dengan adanya massa aksi saya pikir bukan hal baru dan terbukti selama ini tidak ada masalah diamankan dengan baik," 

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Sastyo, mengatakan ribuan personel yang terdiri dari kepolisian Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan Satpol PP Pemprov DKI Jakarta sudah siap mengamankan agenda tersebut. 

"Fokus pengamanan kami kali ini, pasukan akan saya gelar di Bundaran HI, depan gedung KPU RI, Taman Suropati, dan di Megaria," katanya kepada wartawan di depan kantor KPU, Selasa (14/11).

Selain itu, arus lalu lintas di sepanjang Jalan Imam Bonjol akan dialihkan ke rute lain. "Untuk ruas jalan Imam Bonjol, mulai dari depan gedung KPU hingga ke graha Mandiri ditutup total," ucapnya. 

Pantauan Monitorindonesia.com, sedikitnya terdapat sepuluh titik pengamanan di sekitar gedung KPU oleh pasukan brimob dan pasukan anti huru-hara. 

Pengamanan dimulai dari bundaran HI, di sepanjang ruas jalan sabang dan Jalan Teuku Cik di Tiro, Menteng. Puluhan pasukan brimob juga tampak berjaga-jaga di dekat patung Diponegoro dan Taman Suropati. 

Sementara itu juga terlihat ratusan aparat bersenjata berjaga di depan kantor KPU RI. Selain itu, barikade besi juga sudah terpasang di area depan KPU RI. (DI)