Cak Imin Ibaratkan Pemilu Seperti Pertandingan Sepakbola

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 14 November 2023 22:06 WIB
Pasangan Capres-Cawapres Anies Basweda-Muhaimin Iskandar [Foto: MI/Dhanis]
Pasangan Capres-Cawapres Anies Basweda-Muhaimin Iskandar [Foto: MI/Dhanis]

Jakarta, MI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan nomor urut pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa (14/11) malam. 

Ada tiga pasang calon (paslon) yang bakal bertarung di Pilpres 2024 mendatang. Paslon Anies-Muhaimin dengan nomor urut 1, Prabowo-Gibran 2, dan Ganjar-Mahfud nomor urut 3.

Dalam pidatonya, cawapres Muhaimin Iskandar, menganggap Pemilu itu seperti pertandingan sepakbola. 

"Dengan penuh kejujuran dan keterbukaan dan kebersamaan masyarakat seluruh Indonesia. Lihatlah pemilu ini ibarat seperti kompetisi pertandingam sepak bola," kata Cak Imin sapaan akrabnya di Gedung KPU RI, Selasa (11/14).

Rakyat, lanjut Cak Imin, harus menikmati pemilu tahun ini dengan penuh riang gembira, dan penuh kebersamaan serta kekeluargaan dalam berkompetisi. 

"Kita ingin menyaksikan tim masing-masing capres dan cawapres bermain dengan cara sportif dan bermain secara terbuka," ujarnya. 

"Kita semua yakin kalau kita melihat pemilu seperti sepak bola maka punya kesempatan dengan adil. Kalau ada pemain yg bersifat curang tolong diteriaki supaya tidak curang, kalau ada wasit yang merangkap pemain kita foto dan kita sebar luaskan," pungkasnya. 

Sebagaimana diketahui, pengundian nomor urut pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) peserta Pemilu 2024 telah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa (14/11) malam.

Awalnya 3 cawapres mengambil sebuah bola yang berisikan angka-angka. Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor urut 8, selanjutnya Mahfud MD mendapatkan nomor urut 10, Gibran Rakabuming Raka mendapatkan nomor urut 14. 

Kemudian selanjutnya pengambilan nomor urut pasangan capres-cawapres untuk Pilpres 2024. Paslon Anies-Muhaimin memulai terlebih dahulu untuk mengambil nomor undian dan kemudian mendapatkan nomor urut 1. (DI)

Diikuti oleh paslon Ganjar-Mahfud yang mendapatkan nomor urut 3, dan paslon Prabowo-Gibran mendapatkan nomor urut 2.