Anies Klaim Bakal Setarakan Pembangunan di Seluruh Wilayah

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 22 November 2023 13:05 WIB
Calon Presiden Nomor Urut Satu, Anies Baswedan (Foto: Dhanis/MI)
Calon Presiden Nomor Urut Satu, Anies Baswedan (Foto: Dhanis/MI)

Surakarta, MI - Calon presiden (capres) Koalisi Perubahan, Anies Baswedan menilai soal tak meratanya pembangunan di seluruh wilayah di Indonesia. Menurutnya setiap daerah memiliki prioritas pembangunannya yang berbeda.

"Sudah terlalu lama kebijakan kita ini simetris disamakan seluruh wilayah seakan-akan Indonesia itu homogen. Indonesia itu kebutuhannya bervariasi," kata Anies di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Rabu (22/11).

"Masukkan unsur Bhinneka di dalam ika-nya kebijakan kita. Dengan begitu kita akan menyaksikan sebuah pembangunan yang setara di seluruh wilayah," lanjutnya.

Kata Anies, Indonesia membutuhkan sektor teritorial dan kawasan karena pembangunan di tiap daerah pasti berbeda-beda tingkat kebutuhannya. 

"Kita menginginkan sektor dan teritorial, sektor dan kawasan kenapa? Kebutuhan pembangunan di Sumatera beda dengan di Kalimantan, beda dengan di Sulawesi beda dengan di Nusa Tenggara, beda dengan di Papua," ujar Anies.

Untuk itu, Anies menekankan perlunya Pemerintah memutuskan kebijakan untuk seluruh wilayah dan bukan pada tiap kawasan. 

"Jangan sampai kebijakan dari Jakarta tidak memasukkan kebutuhan per-kawasan, tapi kebijakan yang sama untuk seluruh wilayah ini," terangnya. (DI)