Dapat Dukungan Ribuan Kades, Prabowo-Gibran Diyakini Bakal Menang di Desa-desa

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 24 November 2023 11:29 WIB
Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut Dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: Dhanis/MI)
Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut Dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Direktur Sentral Politika Subiran Paridamos, menyoroti dukungan ribuan Kepala Desa (Kades) kepada pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka beberapa waktu lalu.

Menurutnya, penting bagi pasangan Prabowo-Gibran mendapat dukungan dari kades. Sebab, kades dinilai sebagai alat untuk menggarap dukungan dari tiap desa yang dapat mendulang suara di helatan Pemilu. 

"Hal itu karena kepala desa adalah jabatan politik yang juga lahir dari proses pemilihan langsung, artinya memiliki basis massa yang loyal dan mudah untuk digerakkan atau dimobilisasi," kata Subiran kepada Monitorindonesia.com, Jumat (24/11).

Kata Subiran, masyarakat desa termasuk tipe pemlih emosional yang rujukan politiknya selalu berpacu pada kades. Selain itu, loyalitas masyarakat desa terhadap kades juga tak bisa diragukan. 

"Masyarakat desa termasuk kategori pemilih paternalistik, yakni patron dan klien yang mayoritasnya masuk ketegorisasi pemilih emosional, bukan rasional. Maksudnya masyarakat desa itu sangat loyal pada kepala desa sebagai patron," ujar Subiran. 

Lebih lanjut, penulis buku Hukum Katanya itu mengungkapkan, kemenangan seorang calon dalam Pemilu di suatu desa sangat ditentukan oleh kades.  

"Sehingga ketika kepala desa memiliki preferensi politik ke salah satu kandidat Pilkada, Pileg atau Pilpres, akan sangat mudah memobilisasi massa untuk memberikan dukungan. Tidak hanya wacana, tapi terkonversi sebagai suara di TPS," ungkapnya. (DI)