Menlu Retno Sambangi AS untuk Debat High Level Bahas Palestina

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 27 November 2023 16:03 WIB
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi (Tangkapan Layar TV Parlemen)
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi (Tangkapan Layar TV Parlemen)

Jakarta, MI - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, bakal menghadiri debat tingkat tinggi Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat. Hal itu disampaikan Retno dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (27/11).

Kata Retno, Indonesia akan mendorong gencatan senjata di Gaza hingga penghapusan penjajahan di Palestina. Dia menyebut acara High Level Debate Dewan Keamanan PBB sendiri akan dilangsungkan pada, Rabu (29/11) waktu AS.

"Para Menteri Luar Negeri OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) yang memperoleh mandat dari OKI akan hadir dalam pertemuan. Termasuk kami sendiri sore nanti akan terbang ke New York untuk menghadiri high level debate di Dewan Keamanan PBB," kata Retno dalam rapat tersebut.

Retno mengatakan, para menteri luar negeri OKI memiliki pandangan perlunya sebuah resolusi Dewan Keamanan PBB yang lebih komprehensif dan lebih kuat.

"Terutama untuk terciptanya sebuah ceasefire (gencatan senjata) yang permanen dan pemberian bantuan yang lancar," ujarnya.

Untuk itu, Retno menegaskan, bahwa Indonesia akan terus mendukung Palestina sebagaimana yang tertuang dalam konstitusi UUD 1945. 

"Sekali lagi Indonesia akan terus berupaya untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina sesuai amanat konstitusi bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan," pungkasnya. (DI) 

Topik:

menlu retno