KPU Masih Pusing Pikirkan Debat Capres-Cawapres

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 27 November 2023 21:07 WIB
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari (Foto: Dhanis/MI)
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari, mengatakan pihaknya saat ini masih mencari format debat capres-cawapres yang menarik untuk Pilpres 2024.

Menurutnya, penting untuk mensuguhkan debat yang berkualitas kepada publik. Total ada 5 kali debat dengan rincian 3 kali debat capres dan 2 kali debat cawapres.

"Yang pertama, KPU sedang mematangkan untuk mencari format debat yang hidup. Yang kira-kira mengundang inspirasi para calon untuk memperdebatkan secara rasional dan sehat, apa topik topik yang jadi bahan debat," kata Hasyim usai acara Deklarasi Pemilu Damai 2024, di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (27/11).

Selanjutnya kata Hasyim, tentang materi debat secara garis besar sudah diatur dalam UU Pemilu mengenai topik-topiknya, tinggal bagaimana melakukan teknisnya. 

"Yang kemudian dari situ nanti kita carikan rumusan lebih teknisnya. Topik pemerintahan misalkan, lalu apa saja yang perlu diperdebatkan atau jadi isu untuk jadi perbincangan antar para calon," ujarnya. 

Hasyim menuturkan, apabila persiapan debat capres-cawapres sudah relatif matang, maka KPU akan melakukan pertemuan dengan masing-masing tim dari pasangan calon. Untuk memperbincangkan metode debatnya dan tentang topik atau materi debatnya. 

"Kemudian membicarakan kalau topik-topik itu maka panelisnya yang pas siapa, yang tepat, yang kita anggap ahli bisa diterima semua pihak itu siapa," tutur Hasyim. 

"Nah kalau sudah siap nanti bersama dengan membicarakan dengan teman-teman media yang akan menyiarkan. Format penyiarannya seperti apa, yang akan jadi moderator siapa dan seterusnya," tambahnya. 

Lebih lanjut, Hasyim memastikan perumusan debat capres-cawapres sudah menemui titik terang pada 29 November ini. "Insyaallah tanggal 29 (November) sudah ada gambaran tentang ini," terangnya. (DI)